Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Pasar Tradisional Terima Bantuan Sarpras Prokes dari Kemendag

75

TEGAL – Sedikitnya tiga pasar trasdisional di Kota Tegal mendapatkan bantuan sarana prasarana pendukung Protokol Kesehatan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Bantuan tersebut diserahkan untuk Pasar Pagi Kota Tegal, Pasar Kejambon dan Pasar Langon, Rabu (23/12).

“Bantuan ini merupakan program nasional Kementerian Perdagangan yang ditujukan untuk pasar-pasar tradisional selama pandemi Covid-19. Diharapkan, bantuan ini dapat membantu menekan penularan Covid-19, khususnya di lingkungan pasar,” kata Perwakilan Kemendag, Citra.

Adapun bantuan yang diberikan untuk tiga pasar tersebut yakni, 6.056 unit masker, 3.028 unit penutup wajah, 1.249 unit partisi plastik, enam unit wastafel portabel dan tiga unit alat semprot disinfektan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Tegal, Joko Sukur mengatakan, sasaran bantuan sarpras pendukung protokol kesehatan dari Kemendag tersebut diberikan untuk para pedagang dan pengunjung pasar yang belum melaksanakan protokol kesehatan.

“Bantuan ini akan kami serahkan kepada masing-masing kepala pasar, untuk kemudian bersama petugas ketentraman dan ketertiban (trantib) diberikan kepada pedagang maupun pengunjung yang belum tertib prokes,” ujarnya.

Ditambahkan Joko Sukur, di masa pandemi Covid-19, pihaknya terus memberikan pengawasan terkait pelaksanaan protokol kesehatan secara rutin. Selain pengawasan, dilakukan pula upaya edukasi kepada para pedagang melalui pengeras suara yang ada di pasar-pasar.

Dengan adanya bantuan sarpras tersebut, Joko berharap tingkat kedisiplinan masyarakat terhadap wabah Covid-19 semakin tinggi. Dengan demikian, akan berimbas pada menurunnya penderita Covid-19 di Kota Tegal, sehingga Kota Bahari akan kembali menjadi daerah yang berzona hijau. (*)

BERITA LAINNYA