Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Calon Rektor UPS Tegal Adu Visi Misi

* Senat Universitas Beri Penilaian Langsung

234

TEGAL – Tiga calon rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, yang sudah ditetapkan Panitia Pemilihan (Panlih), bakal beradu kemampuan menyampaikan visi dan misinya, dihadapan senat universitas, Selasa besok (11/2).

Ketua Panlih Rektor UPS Tegal Dr Ahmad Hanfan SE MM mengatakan, penyampaian visi dan misi merupakan hal penting untuk menentukan kredibilitas dan kualitas calon rektor yang bakal mempimpin perguruan tinggi terbesar di Pantura Barat tersebut.

”Seperti apa visi dan misinya ketiga calon rektor ini, tentu akan terlihat saat memaparkannya di hadapan senat universitas. Apakah sudah sesuai dengan program rencana jangka panjang pengembangan perguruan tinggi ini atau akan muncul terobosan baru yang dapat meningkatkan kualitas dan kemajuan UPS Tegal,” papar dia.

Bila melihat dari sisi kualitas tiga calon rektor yang sudah ditetapkan, menurut dia, sudah tak diragukan lagi. Tapi dengan adanya kegiatan penyampaian visi, misi dan programnya di depan senat, tentu akan dinilai siapa yang terbaik dan layak memimpin perguruan tingginya.

Dia menambahkan, latar belakang tiga calon rektor yang telah ditetapkan Panlih, semua berasal dari perguruan tinggi negeri.

Ketiganya adalah, mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), periode 2015-2019, Prof Dr Fakhrudin MPd.

Sebelum bertugas di perguruan tinggi negeri itu, dia tercatat pernah menjadi tenaga mengajar di FKIP UPS Tegal.

Kemudian, pakar ekomomi yang pernah menjabat Kaprodi Manajemen FE Universitas Negeri Jakarta, Dr Mohamad Rizan SE MM.

Calon ketiga adalah Dr Agus Sahri ATD MT. Dia merupakan dosen di Politeknik Keselamatan Jalan dan Transportasi (PKJT) atau Poltran Tegal.

Mengenal Dekat

Dari sisi mengenal perguruan tingginya secara lebih dekat, ketiga calon cukup mengenalnya. Bukan hanya Prof Dr Fakhrudin MPd yang pernah mengajar di FKIP UPS Tegal dan kerap berkomunikasi dengan jajaran dosen perguruan tinggi itu.

Calon lainnya seperti Dr Mohamad Rizan SE MM juga pernah secara khusus berkunjung ke perguruan tinggi yang berlokasi di Jl Halmahera Km 1 Tegal, ketika melakukan visitasi dalam rangka akreditasi.

Sedangikan Dr Agus Sahri ATD yang berdomisili dan mengajar di perguruan tinggi negeri di Kota Tegal, sudah tak asing lagi dengan perkembangan yang telah dimiliki UPS Tegal.

Antara lain, berkait dengan jumlah mahasiswanya, prodi baru dan sejumlah terobosan kerjasama dengan perguruan tinggi di tanah air dan luar negeri.

Ketua Panlih Dr Ahmad Hanfan SE MM menambahkan, nanti setelah senat universitas memberikan penilaian langsung atas visi, misi dan program ketiga calon rektor, akan menyerahkan hasilnya ke Panlih.

”Kemudian Panlih menyerahkan ke Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), yang akan menggodok hasil penilaian senat universitas. Dari tahapan inilah, dalam bulan Februari ini sudah akan diketahui, siapa yang bakal menjadi Rektor UPS Tegal,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH dan jajaran pengurusnya, termasuk dewan pengawas dan pembina, terus memantau perkembangan tahapan seleksi dan pemilihan rektor perguruan tingginya.

”Secara kualitas, calon yang disandingkan dan ditetapkan Panlih, sangat baik. Karena itulah nanti YPP akan hati-hati, cermat dan lebih teliti dalam menentukan pilihannya. Semua dengan pertimbangan yang matang,” terang Dr Imawan Sugiharto SH MH.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA