Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Balon Bupati dan Wakilnya Belum Memenuhi Syarat

100

PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang menyatakan tiga bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar belum memenuhi syarat. KPU Pemalang memberikan waktu perbaikan selama tiga hari yaitu dari tanggal 14-16 September 2020.

“Berdasarkan hasil dari pengecekan dan penelitian adminitrasi dari KPU Pemalang ada beberapa dokumen dari balon bupati dan wakil bupati belum memenuhi syarat. Meskipun demikian, berdasarkan tahapan di KPU Pemalang, setelah disampaikan penelitian berkas, ada masa perbaikan untuk melengkapi kekurangannya,” ujar Komisioner KPU Pemalang, Harun Gunawan, kemarin.

Dia mengatakan, KPU Pemalang sudah menyampaikan pada penghubung (LO) dari tiga balon bupati dan wakil bupati terkait hasil penelitian berkas saat pendaftaran lalu. Sebelumnya KPU Pemalang telah melakukan penelitian berkas sejak tanggal 6-12 September 2020 dan hasilnya sudah diplenokan pada tanggal 12 September. Pleno yang dihadiri oleh komisoner KPU Pemalang menyatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian tiga balon bupati dan wakil bupati belum memenuhi syarat semua. Tiga balon tersebut diwajibkan untuk memperbaiki dan berkas yang belum memenuhi syarat bisa dilengkapi dan diserahkan paling lambat tanggal 16 September 2020. Dari tiga balon bupati dan wakil bupati kekurangannya bervariasi antara lain, ijazah belum belum dilegalisir, ada juga sudah dilegalisir tetapi belum ada cap dari kampus atau sekolah. Ada juga yang belum menyampaikan tanda terima LHKPN, dan ada juga kesalahan menulis.

“Masing masing balon memiliki kekurangan, sehingga harus diperbaiki atau dilengkapi agar bisa dinyatakan memenuhi syarat. Pihaknya berharap semua aturan dan persyaratan untuk pencalonan dipatuhi serta dipenuhi hingga batas akhir waktu yang ditentukan,” tandasnya.

Ia mengatakan, KPU Pemalang masih menunggu perbaikan hingga tanggal 16 September 2020. Apabila hingga waktu terakhir ada persyaratan yang belum diperbaiki atau dilengkapi, maka akan diumumkan bacalon belum memenuhi syarat pencalonan.Terkait dengan Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) akan diketahui setelah ditetapkan pada tanggal 23 September 2020 penetapannya. (Joko Widodo/Red_03)

BERITA LAINNYA