Take a fresh look at your lifestyle.

Tidak Seganas Puting Beliung, Tetap Waspadai Angin Dust Devil di Pantura

166

TEGAL-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu dingin yang melanda wilayah Jawa termasuk pantai utara (Pantura) bagian barat dan sekitarnya terjadi hingga September mendatang.

Dalam press rilis yang dikirim Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tegal Hendy  Andriyanto, penyebab cuaca dingin yakni dry intrusion atau intrusi udara kering dan dingin yang melanda Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Diungkapkan, udara kering datang dari Australia. Angin mendorong udara dari barat ke timur menyebabkan udara dingin dari Australia terdorong ke beberapa bagian daerah di Indonesia.

Hendy menjelaskan, suhu di Kota Tegal dan sekitarnya terpantau 20° sampai 32° Celcius. Semakin dekat puncak musim kemarau suhu diprediksi semakin rendah.

 

Waspadai Angin Dust Devil

 

Sementara untuk kecepatan angin di pesisir Pantura saat ini bisa mencapai hingga 30km/jam. Hal itu dipengaruhi low pressure di wilayah utara Indonesia.

“Seperti kemarin angin bergulung-gulung di Kota Tegal, itu namanya Dust Devil. Itu terjadi karena perbedaan tekanan dan suhu udara dipermukaan dengan lapisan di atasnnya,” terangnya.

Menurutnya, Dust Devil adalah angin pusar, yang kuat dan relatif berumur panjang, mulai dari kecil (lebar setengah meter dan tinggi beberapa meter) sampai besar (lebar lebih dari 10 meter dan tinggi lebih dari 1000 meter).

Gerak vertikal nya adalah ke atas. Dust Devil biasanya tidak berbahaya, tetapi pada kesempatan tertentu dapat tumbuh cukup besar dan menimbulkan ancaman bagi manusia dan bangunan.

“Dust devil sifatnya tidak seganas puting beliung. Kejadiannya lebih cepat dan kecepatan putarnya lebih lambat diameter dari dust devil sendiri dari analisa kami tidak seluas puting beliung begitu pula dengan daya hancurnya,” jelasnya. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA