Take a fresh look at your lifestyle.

TI PHB Tegal Kembali Raih Juara Nasional

86

* Ciptakan Aplikasi Mobile Game ”Esportal”

TEGAL – Prestasi membanggakan ditunjukkan Tim Mahasiswa D4 Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal. Mengusung tim bernama Afrilaffafir, mereka akhirnya mampu meraih Juara 3 Nasional, di ajang tahunan kompetisi aplikasi mobile yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom, pekan lalu.

Kaprodi D4 TI PHB Tegal Ginanjar Wiro Sasmito yang juga dosen pembimbing tim mahasiswa itu mengatakan, prestasi yang ditorehkan mahaiswanya di ajang nasional bertajuk ”Invest 4.0”, salah satunya berkat kerja keras, kekompakan dan kreativitas yang ditunjukkan dalam menciptakan produk rekayasa aplikasi mobile.

”Kami sangat bersyukur atas keberhasilan tim mahasiswa ini, dapat meraih Juara 3. Prestasi ini cukup membanggakan bagi perguruan tinggi kami. Karena untuk kesekian kalinya mahasiswa kami yang diterjunkan dalam sejumlah even nasional, mampu meraih juara. Dari langganan juara pertama, kedua hingga juara ketiga,” ucap dia.

Kompetisi tahunan itu, kata dia, sebenarnya sudah dimulai sejak Agustus lalu. Dibagi dalam beberapa tahap. Diawali tahap pendaftaran, penyisihan dan tahap penjurian grand final. Tahap penentuan juara itu diikuti mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, digelar pada Sabtu (23/11).

Di ajang berskala nasional bertema “Innovation Key to Growth Economy with Financial Technology”, dibagi dalam dua kompetisi Informasi Teknologi (IT). Yakni, UI/UX Exploration untuk tingkat SMA sederajat, dan Apps Innovation untuk tingkat Mahasiswa. Tim mahasiwanya mengikuti Apps Innovation.

Tim mahasiswa perguruan tingginya, bernama ”Tim Afrilaffafir”, dan akhirnya mampu menembus babak grand final. Di babak penentuan juara, tim yang terdiri atas Daffa Zuhdan Muhtar (Ketua Tim), dengan dua anggotanya Moh Akhil Afriliawan, dan Firman Pamungkas, harus berjibaku mengadapi persaingan cukup ketat.

Tim Kuat

Mereka bersaing dengan tim kuat dan berpengalaman dari Universitas Brawijaya (Unibraw), Politeknik Negeri Malang, UGM, UII dan Unsoed. Tim Afrilaffafir yang mengusung produk Apps Innovation berupa Aplikasi Mobile bernama Esportal, akhirnya meraih Juara 3 di ajang tahunan tersebut.

Produk aplikasi mobile itu, menurut Ginanjar Wiro Sasmito, sebenarnya merupakan platform aplikasi android, yang digunakan untuk manajemen pertandingan E-Sport. Antara lain, untuk Mobile Legend, PUBG dan lainnya.

Keunggulan aplikasi tersebut, salah satunya didukung fitur cukup menarik dan memancing kreativitas penggunanya. Seperti fitur pendaftaran, pengaturan lawan tanding, waktu tanding, level pertandingan, manajemen pertandingan, hingga fitur manajemen gathering untuk sesama pehobi E-Sport.

Ketua tim Afrilaffafir Daffa Zuhdan Muhtar mengatakan, aplikasi yang dibangun timnya sudah dapat mengakomodasi kebutuhan penyelenggara dan peserta E-Sport, di semua level atau wilayah di aplikasi game yang dilombakan. Untuk mencapai tahan sempurna,
aplikasi tersebut akan terus dikembangkan sampai tahapan lebih baik lagi, hingga dapat diterapkan secara lebih mudah, efisien, praktis dan menyenangkan.

Sementara itu, Ginanjar Wiro Sasmito memiliki harapan besar terhadap mahasiswa di prodi yang dipimpinnya. Terutama agar pencapaian prestasi yang diraih mahasiswanya dapat menggugah semangat dan kreativitas mahasiswa lainnya. Agar lebih bersemangat dan kian percaya diri, dalam mengikuti kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Di sisi lain, kompetisi rekayasa IT yang diikuti mahasiswanya, sebenarnya dapat menjadi tolok ukur keberhasilan daya serap mahasiswa terhadap kurikulum, maupun materi kuliah yang diberikan dosen.

Bahkan prestasi yang diraih, sebenarnya baik langsung maupun tidak, dapat mengangkat derajat maupun daya tawar mahasiswa, dosen, prodi dan kampus di kancah nasional.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA