Take a fresh look at your lifestyle.

Tetap Disiplin, Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan Hari Ini di Tegal

80

TEGAL, smpantura.com – Masyarakat diminta lebih tertib dalam berlalu lintas. Sebab, Satlantas Polres Tegal Kota mulai memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Selasa (23/3).

Untuk wilayah Kota Tegal, penerapan tersebut dilakukan dengan didukung 18 kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) milik Dinas Perhubungan dan empat CCTV milik Korlantas Polri.

Kendati demikian, tilang elektronik akan diberlakukan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari menegaskan, penerapan tilang elektronik secara keseluruhan sudah siap dilakukan di Kota Bahari.

“Kita rilis hari ini dan terus sosialisasikan kepada masyarakat. Harapannya, para pengguna jalan tetap tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. Meski di lapangan tidak ada petugas,” terang AKBP Rita usai meninjau Ruang Traffic Management Center (TMC) Satlantas Polres Tegal Kota.

Nantinya, sambung Kapolres, surat tilang dan bukti pelanggaran akan dikirimkan kepada pelanggar oleh petugas. Jika kemudian pelanggar tidak sesuai dengan kendaraan yang digunakan, maka akan dilakukan verifikasi.

“Apabila si pengemudi bukan pemilik kendaraan yang digunakan saat terjadi pelanggaran, maka akan diverifikasi kembali. Jadi, kita harap selalu berhati-hati,” bebernya.

Ditambahkan Kapolres, sosialisasi tilang elektronik akan gencar dilakukan dengan melibatkan Bhabinkamtibmas. Termasuk sosialisasi melalui media massa dan media sosial (medsos). Harapannya, seluruh masyarakat dapat mengetahui dan memahami untuk patuh terhadap aturan berlalu lintas.

“Tilang berjalan diimbangi dengan sosialisasi. Jadi nanti tidak ada lagi alasan masyarakat yang tidak tahu,” pungkasnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA