Take a fresh look at your lifestyle.

Tertimbun Longsor, Rumah Salah Satu Warga Mengalami Rusak Berat

99

BOJONG – Sebuah rumah milik warga Dukuh Sinus RT 05 RW 03 Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, tertimbun longsor, Senin (15/2) pukul 05.10. Rumah milik Sein dan Saroh itu, mengalami kerusakan pada tembok dapur hingga ruang tamu. Beruntung, pemilik rumah telah diungsikan sebelum bencana itu terjadi.

Informasi di lapangan, rumah permanen yang berada di lereng tebing Dukuh Sinus, sudah diprediksikan akan mengalami longsor. Di atas rumah yang ddibangun jalan setapak dengan menggunakan beton itu, sudah mengalami retak-retak sejak sepekan terakhir akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi. Pada sehari sebelum kejadiaan, Pemerintah Desa Rembul sudah memerintahkan untuk pemilik rumah mengungsi di rumah tetangganya, Damun. Setelah semalaman diguyur hujan, jalan yang dibuat di tebing bukit itu longsor. Beton dan tanah menimbun rumah Sein dari ruang dapur hingga ruang tamu. Warga sekitar secara swadaya mulai membersihkan puing-puing longsoran.

“Beruntung, pemilik rumah sudah diungsikan sehari sebelum kejadiaan. Tidak ada korban jiwa, tapi rumah mengalami rusak berat,” kata Kades Rembul, Ibnu Efendi saat dihubungi, Senin (15/2).

Dikatakan, pihak desa melibatkan Relawan Talijiwa, Sibat Rembul, Banser, dan masyarakat sekitar untuk membersihkan puing-puing longsoran. Pihaknya juga tetap waspada terjadi longsor susulan karena hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi di wilayah tersebut.

“Masih ada 10 rumah yang berada di bawah lereng bukit itu. Kami minta untuk tetap waspada. Jika hujan lebat berlangsung lama, kami minta untuk mengungsi sementara,” pintanya.

Pada Sabtu (13/2), Desa Rembul juga dilanda tanah longsor di Dukuh Pekandangan RT 08 RW 02. Talud jalan longsor dan mengenai garasi mobil villa Mawar di komplek obyek wisata air panas Guci. Hal itu terjadi karena hujan yang sangat deras, dan tersumbatnya drainase yang terhalang akar pohon. Drainase yang tertutup akar pohon itu membuat air meluap ke jalan raya menyebrang menuju komplek Villa Mawar milik H Ratim.

BERITA LAINNYA