Take a fresh look at your lifestyle.

Terminal Bus Tegal Jadi Sasaran Pendidikan Anak

119
  • Sakila Kerti Buka PAUD Gratis

Tegal, Terminal bus ternyata tidak hanya berfungsi di bidang transportasi. Terbukti, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti mampu menafaatkan terminal bus menjadi tempat sasaran memberikan pendidikan bagi anak.

Bahkan, PKBM Sakila Kerti ini telah PAUD gratis di Terminal Bus Kota Tegal. Sasarannya, anak-anak dari warga yang biasa mencari nafkah di tempat tersebut. Sedikitnya 29 siswa mulai mengikuti pembelajaran di tahun ajaran baru 2019.

Istri Wali Kota Dedy Yon Supriyono, dr. Roro Kusnabila Erva memberikan aprisiasi atas upaya PKBM Sakila Kerti tersebut. Bahkan, ia secara langsung memberikan arahanya di hari pertama kegiatan belajar mengajar (KBM) di tempat yang dikenal dengan Sekolah Terminal Sakila Kerti, Senin (15/7).

Menurutnya, sekolah di tempat manapun sama asal mau belajar untuk menjadi lebih baik. “Di terminal misalnya, para orang tua misalnya bisa sambil berdagang atau mencari nafkah dengan menitipkan anaknya untuk menimba ilmu di tempat yang dikelola Dr. Yusqon bersama istrinya Sismiyati,” ujar ibu yang telah dinobatkan sebagai Bunda Baca Kota Tegal ini. .

Pengelola PKBM Sakila Kerti, Yusqon mengatakan, awalnya TBM Sakila Kerti hanya melayani warga dan awak bus setempat yang ingin membaca buku dan belajar mengaji. Seiring berjalanya waktu, TBM yang sudah ia dirikan sejak 2012 lalu terus berkembang dalam memberikan pembelajaran. Hingga dibuka Kejar Paket A, B, dan Paket C namun cenderung bagi orang dewasa yang semuanya gratis.

“Sesuai arahan dari Dirjen PAUD dan Dikmas, Bapak Harris Iskandar yang berkunjung Oktober 2018 lalu, beliau mengharapkan pembelajaran tidak hanya kepada orang tua saja, namun juga anak-anak. Maka didirikanlah PAUD gratis ini,” terangnya.

Ia berharap, orang tua yang mempunyai anak balita, khususnya para pengasong bisa dengan tenang mencari nafkah. “Saat ini ada 29 siswa rata-rata dari anak pengasong. Sambil menggelar daganganya, bisa memantau anaknya belajar. Nanti sebulan sekali kita ajak berenang juga,” pungkasnya.

(setiadi_red38)

BERITA LAINNYA