Take a fresh look at your lifestyle.

Terjaring Razia Masker, Puluhan Warga Dikenai Sanksi Fisik hingga Denda

103

BREBES – Razia penerapan protokol kesehatan, khususnya kewajiban memakai masker, terus digencarkan jajaran Pemkab Brebes. Puluhan warga yang diketahui memandel tak memakai masker terjaring razia yang digelar tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Brebes, TNI dan Polri, Senin (7/9). Mereka yang terjaring tersebut dikenai sanksi fisik berupa push up, dan ada yang dikenai denda.

Kepala Satpol PP Pemkab Brebes Supriyadi mengatakan, razia dilakukan untuk melakukan kedisiplinan dan penertiban terhadap warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. Bagi warga yang kedapatan tidak mengenakan masker, diberi hukuman push up hingga menyapu pekarangan. Selain itu, razia kali ini dilakukan tidak seperti biasanya yakni mendatangi keramaian. Melainkan, melakukan penyekatan di jalur pantura.

“Tadi kurang lebih ada 35 orang yang kita beri hukuman lantaran tidak memakai masker,” ujarnya di lokasi razia.

Dari puluhan warga yang tidak memakai masker tersebut, kata dia, selain sanksi sosial seperti push up, ada juga warga yang membayar denda Rp 10.000. “Selain sanksi sosial, ada juga warga yang memilih sanksi membayar Rp 10.00. Namun, kita tidak memaksakan untuk sanksi denda,” ungkapnya.

Supriyadi menjelaskan, razia masker tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga dalam mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan virus corona (Covid-19) di Kabupaten Brebes. Apalagi, data dari dinas kesehatan, saat ini jumlah kasua positif Covid-19 mencapai 183 kasus.

“Kita akan terus melakukan razia masker ini sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Tidak dipungkiri tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker masih rendah. Namun, dengan adanya razia masker dan sanksi sosial diharapkan kesadaran warga dalam menggunakan masker bisa bertambah.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat Brebes untuk mematuhi protokol kesehatan. Dan tidka lupa untuk melakukan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya.

(setiawan/red2) 

BERITA LAINNYA