Take a fresh look at your lifestyle.

“Terimakasih, Bantuan Air Bersih Ini Datang Tepat Pada Waktunya”

151

* FPMB Salurkan 24.000 Liter Air Bersih ke Kalijurang

BUMIAYU– Sebanyak 24.000 liter air bersih disalurkan ke Dukuh Karanganyar, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jumat (9/8). Bantuan tersebut disalurkan oleh Forum Peduli Masyarakat Bumiayu (FPMB) untuk membantu warga memenuhi kebutuhan air bersih menjelang lebaran Idul Adha 1440 H.

Selama ini warga di pedukuhan itu harus pergi ke sumber sumber air yang cukup jauh dari permukiman. Hal itu dilakukan karena sumur sumur milik warga kering akibat kemarau.

Dari pantauan, bantuan air bersih tersebut disambut antusias warga. Mereka bergiliran menampung air dari mobil tangki dengan ember dan jerigen. Salah seorang warga, Umi (40), mengaku sangat senang dengan bantuan tersebut. Apalagi menjelang lebaran Idul Adha ini, kebutuhan air untuk konsumsi dan memasak meningkat.”Alhamdulillah, terimakasih. Bantuan ini datang tepat pada waktunya ,” kata dia.

Kades Kalijurang Edi Riyanto mengatakan ada sekitar 7.000 warga yang terdampak krisis air bersih akibat kemarau. Mereka tersebar di Dukuh Karanganyar, Kolom Kamen, Kemesu dan Ledug.”Saat kemarau seperti sekarang, sumur sumur milik warga kering,” kata kades

Untuk memperoleh air bersih, lanjut kades, warga harus pergi ke sumber sumber air yang berjarak sekitar 1 kilometer dari permukiman.”Terimakasih FPMB telah membantu sehingga warga kami bisa memenuhi kebutuhan air bersih menjelang lebaran Idul Adha ini,” ujarnya.

Ketua FPBM Muhtarom mengatakan, penyaluran air bersih tersebut bekerjasama dengan PDAM Kabupaten Brebes.”Mudah-mudahan bisa membantu warga memenuhi kebutuhan air, terutama untuk konsumsi,” kata dia. Secara keseluruhan, sejak bulan Juli hingga sekarang, FPMB telah menyalurkan lebih dari 100.000 liter air bersih ke beberapa wilayah terdampak kemarau.”Penyalurannya difokuskan pada desa desa terdampak kemarau,” ujarnya.(Teguh Tribowo/ Red38)

BERITA LAINNYA