Take a fresh look at your lifestyle.

Terancam Terusir, Penghuni Rusunawa Kraton Datangi DPRD

125

TEGAL – Puluhan penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Kraton, Kecamatan Tegal Barat mendatangi Komisi III DPRD Kota Tegal, Selasa (16/3) siang, menjelang berakhirnya masa perpanjangan sewa pada akhir Maret 2021.

Koordinator warga Rusunawa Kraton, Agus Subekti mengatakan, sebanyak 42 penghuni rusunawa terancam terusir lantaran masa perpanjangan sewa berakhir pada 31 Maret 2021. Padahal, hampir semua warga masih terkendala ekonomi.

Terlebih, lanjut Agus, di masa pandemi ini tidak sedikit warga yang penghasilannya berkurang drastis. Untuk itu, dia bersama warga lainnya meminta kepada Komisi III agar bisa menjembatani dengan pihak Pemerintah Kota Tegal sebagai pengelola.

Diceritakan Agus, masa akhir hunian puluhan warga sebenarnya terjadi pada 31 Maret 2020. Namun, atas kebijakan Wali Kota, masa sewa diperpanjang hingga Desember 2020.

“Dulu karena ada pandemi kita diperbolehkan menempati hingga 31 Desember 2020 dan diperpanjang lagi oleh Wali Kota sampai 28 Februari 2021. Namun, kita juga masih bingung, karena diminta mengosongkan akhir Maret ini. Padahal, ekonomi juga masih sulit,” ungkap Agus.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro menyampaikan, keberatan untuk mengosongkan hunian rusunawa akan disampaikan kepada OPD terkait. Karena, secara ekonomi mereka belum mampu, baik untuk kontrak maupun menempati rumah lain.

Selain itu, pihaknya juga akan meminta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) untuk melakukan pengecekan terkait adanya tunggakan sewa para warga.

“Segera akan kita undang untuk melakukan rapat koordinasi. Karena selain terancam terusir, warga juga mempertanyakan fasilitas rusun yang belum memadai dan adanya tunggakan yang tidak sesuai secara nominal dan fakta,” pungkasnya. (hkl)

BERITA LAINNYA