Take a fresh look at your lifestyle.

Teknisi Hp, Bobol Rekening Nasabah BRI

* Pelakunya Ditangkap Unit Reskrim Polsek Tegal Barat

640

TEGAL – Seorang teknisi atau tukang servis barang elektronika seperti handphone (hp) dan parabola bertindak cukup nekat. Dia dengan keahliannya, ternyata mampu membobol rekening salah seorang nasabah Bank BRI Unit Jl Hang Tuah Kota Tegal.

Dari dua kali pembobolan rekening lewat aplikasi m-banking, korban Erdiyanto, mengalami kerugian sebesar Rp 45.000.000. Korban yang melihat saldo tabungannya berkurang cukup banyak, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Unit Reskrim Polsek Tegal Barat.

BARANG BUKTI : Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, didampingi Wakapolres Kompol Joko Wicaksono SSTPi dan Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng SH MH, menunjukkan barang bukti berupa uang tunai Rp 3.000.000 dan barang-barang elektronik yang dibeli tersangka, Kamis (19/3).(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

”Jadi dari laporan korban pada Selasa 17 Maret kemarin, Unit Reskrim Polsek Tegal Barat, kemudian mengembangkan penyidikan. Awalnya ya korban diminta mengingat-ingat hp-nya pernah digunakan siapa saja,” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi didampingi Wakapolres Kompol Joko Wicaksono SSTPi dan Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng SH MH, Kamis (19/3).

Korban menjelaskan ke penyidik, pernah meminta bantuan tukang servis atau teknisi hp Elman Romeno (36) di Jl Layang Timur No 9, RT 3 RW 10 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, untuk memperbaiki hp-nya.

Saat hp diperbaiki, teknisi hp yang kini jadi tersangka itu, melihat ada user name dan password m-banking milik pelanggannya tersebut. User name dan password itu kemudian diingat-ingat tersangka.

Ketika hp selesai diperbaiki, korban ternyata kurang bisa mengoperasikannya dan memanggil tersangka untuk menjelaskan cara mengoperasikannya, pada sekitar pukul 15.15, Senin (27/1).

Membobol Rekening

Bak gayung bersambut. Tersangka memanfaatkan kesempatan itu untuk membobol rekening korban lewat aplikasi m-banking. Sambil berpura-pura menjelaskan, tersangka diam-diam, melakukan transfer online lewat aplikasi tersebut ke rekening atas nama rekannya berinisial TS, yang beralamat di Jakarta.

Uang di rekening korban yang dikirimkan tersangka sebesar Rp 20.000.000. Pengakuan tersangka, uang itu untuk membeli parabola. Saat pembobolan pertama, korban belum mengetahuinya.

Kemudian datang kesempatan kedua, untuk menjalankan aksi kejahatannya. Saat korban membeli hp baru. Korban memanggil tersangka untuk memindahkan semua aplikasi di hp lama ke hp baru, sekitar pukul 21.45, Selasa (25/2).

Di aksi keduanya, tersangka membobol rekening korban dengan mentransfer uang milik korban sebesar Rp 20.000.000 ke rekening temannya berinisial GM. Pengakuannya, itu atas permintaan TS. Selanjutnya semua uang yang dikirimkan ke TS agar dikirimkan ke rekening teman tersangka berinisial Kh.

Uang hasil membobol rekening korban, kemudian dibelikan sejumlah barang-barang elektronik oleh tersangka. Korban baru mengetahui saldo tabungannya berkurang, ketika mengecek saldonya pada Selasa (10/3).

Kasus tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolsek Tegal Barat. ”Kami tangkap tersangka, teknisi hp dan parabola ini, setelah ada bukti-bukti cukup kuat,” terang Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng SH MH, didampingi Panit I Reskrim Iptu Bambang SD dan Panit II Aiptu Rustam Suwardi, Kamis (19/3).(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA