Take a fresh look at your lifestyle.

Tekan Penyebaran Covid-19, RS Mitra Siaga Jalin Kerjasama dengan PT Fiaz Sons Ortho

50

KRAMAT – RS Mitra Siaga Kramat, Kabupaten Tegal menjalin kerjasama dengan PT Fiaz Sons Ortho dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19. Kerjasama itu dilakukan berupa operasional laboratorium BSL.2 Mobil PCR Sars CoV-2 (Covid-19). Pada Senin (29/2), mobil PCR itu akan mulai beroperasi.

Kerjasama itu didahului dengan penandatangan brita acara oleh Direktur RS Mitra Siaga Kramat, dr Wahyu Heru Triyono MKes dan Komisaris PT Fiaz Sons Ortho, dr Wiwin Hernita MKes SpPK di RS Mitra Siaga Kramat, Jumat (26/2).

Tanda tangan dan serah terima mobil PCR dari PT Fiaz Sons Ortho kepada RS Mitra Siaga
Tanda tangan dan serah terima mobil PCR dari PT Fiaz Sons Ortho kepada RS Mitra Siaga

“RS Mitra Siaga dipercaya oleh PT Fiaz sebagai base pemeriksaan PCR. Ini satu-satunya di Jateng, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang,” kata dr Wahyu Heru Triyono usai penandatangan kerjasama tersebut.

Dikatakan, setelah diminta untuk mengoperasikan Mobil PCR itu, RS Mitra Siaga akan mulai bekerja pada Senin (29/2). Bagi masyarakat yang masih takut untuk datang ke rumah sakit, bisa menghubungi RS Mitra Siaga untuk datang kerumah. Dengan adanya mobil PCR ini, diharapkan bisa mempercepat berakhirnya pandemi Covid-19.

“Semakin banyak yang terdeteksi, maka semakin cepat pandemi ini berakhir,” ujarnya.

dr Wiwin Hernita menjelaskan, kerjasama yang dijalin dengan RS Mitra Siaga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mobil PCR dinilai lebih cepat dan efisien dalam mendeteksi warga yang positif Covid-19. Hal itu mengingat dibutuhkan kepastian yang cepat untuk mengambil langkah telat dalam penanganan Covid-19.

“Harus cepat dipastikan positif atau tidak untuk langkah isolasi agar memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskan, mobil PCR telah dibuat sesuai dengan standar laboratorium BSL.2, sehingga keamanannya terjaga. Diharapkan, RS Mitra Siaga untuk segera menyosialisasikan kepada masyarakat tentang keberadaan mobil PCR.

“RS Mitra Siaga telah ditunjuk Bupati Tegal dan Gubernur Jateng sebagai rujukan Covid-19, sehingga representatif untuk diajak kerjasama dalam penanganan Covid-19. Ini salah satu penunjang dalam penanganan Covid-19,” pungkasnya.

BERITA LAINNYA