Take a fresh look at your lifestyle.

Tekan Inflasi, TPID Kota Tegal Fokus Pada Biaya Transport

137

<B>TEGAL<P> – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal kini fokus perhatian terhadap biaya transport. Sebab, biaya transport merupakan salah satu penyumbang inflasi Kota Tegal. Demikian disampaikan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2019 di Hallroom Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (25/7) lalu.

“Meskipun trend inflasi menurun, tapi Kota Tegal masih menjadi daerah dengan inflasi yang menjadi perhatian di Provinsi Jateng bersama Kabupaten Cilacap dan Kota Semarang,” katanya.

Dedy Yon mengemukakan, dalam rakor tersebut Wakil Presiden, Yusuf Kalla menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah harus mampu mengendalikan inflasi daerah, agar perekonomian secara umum bisa stabil. Oleh karena itu, TPID Kota Tegal memiliki tantangan yang cukup berat. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus, terutama terkait masalah biaya transportasi yang menyumbang cukup banyak inflasi kota Tegal. “Kami akan berupaya untuk mengatasi persoalan biaya transportasi,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)
Tegal, Muhammad Taufik Amrozy. Dia menyampaikan bahwa untuk Kota Tegal sudah menyusun road map untuk penanggulangan inflasi, yakni karakteristiknya lebih kental di masalah biaya transport dan bahan makanan terutama daging. “Kedepan harus lebih fokus lagi untuk melihat bagaimana pengendalian inflasi dibidang transportasi ini khususnya yang merupakan kewenangan daerah, meskipun terkait kebijakan transportasi biasanya merupakan kebijakan pemerintah pusat,” katanya.

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot Tegal dan pemerintah daerah sekitar untuk mencarikan solusinya. Angka inflasi yang ada di Kota Tegal, dari tahun ke tahun semakin menunjukan trend menurun dan patut bersyukur bahwa angka inflasi tersebut bisa ditekan berkat sinergitas semua pihak, dari segenap stakeholder yang ada.(Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA