Take a fresh look at your lifestyle.

Teater Qi dan ISBI Bandung Pentaskan Lawan Catur

90

TEGAL, smpantura.com – Teater Qi Tegal kembali mementaskan pergelaran menarik di tengah pandemi. Kali ini pementasan lakon Lawan Catur karya Kenneth Sawyer Goodman, dikemas secara apik bersama Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Kolaborasi tugas akhir penataan artistik Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung ini digelar secara tatap muka, dengan pembatasan penonton di Teater Arena Taman Budaya Tegal, akhir pekan lalu.

Lakon ini merupakan lakon yang berlatar belakang Jerman pada perang dunia pertama. Catur bukan sebagai permainan belaka, melainkan bagaimana melatih adu strategi, ide, adu mental untuk mengalahkan dengan segala cara.

Perwakilan ISBI, Mariana Alfat Rizka mengambil lawan catur sebagai tugas akhir yang detail pada artistik cukup meyakinkan anggota teater Qi, dari konsep yang jelas, baik dari setting panggung, kostum dan properti.

“Saya ingin keluar dari zona nyaman di kota sendiri yaitu Bandung. Baik dari kerja dan pengalaman, karena itulah saya memilih datang ke Kota Bahari dan bekerjasama dengan Teater Qi,” ungkapnya.

Rudi Iteng yang dipercaya sebagai sutradara mengatakan, untuk mewujudkan artistik, pihaknya mengikuti konsep yang ada dengan menghidupkan naskah bersama aktor di panggung.

Disebut dia, dalam pertunjukan ini tidak berhenti persoalan pada panggung saja, namun bagaimana memberi peluang penonton yang tidak bisa menonton secara langsung karena pandemi Covid-19 yaitu dengan streaming.

“Pengambilan gambar dan editing menggunakan teknik sinematografi, namun tidak meninggalkan kaidah teater, sebagai tawaran Teater Qi terhadap wacana media baru dalam seni pertunjukan,” timpal Sutradara Visual, Prasetyo BM.

Sementara, Pendamping Budaya Kemendikbud, Siwi Rimayani Oktora mengaku menikmati pertunjukan yang digelar. Meski hanya ditonton oleh beberapa orang karena pembatasan, namun penyampaian cerita yang dituangkan sangatlah sempurna.

“Saya lihat alur ceritanya benar-benar tidak ketebak. Setnya dapet banget, sesuai ceritanya yang bergaya Jerman,” tukasnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA