Take a fresh look at your lifestyle.

Tanggul Sungai Pemali Sepanjang 150 Meter Longsor

- Warga Gotong Royong Lakukan Perbaikan

68

BREBES – Tanggul Sungai Pemali di Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan/ Kabupaten Brebes, kini kondisinya kritis dan rawan jebol. Itu menyusul tanggul sepanjang 150 meter longsor, saat debit air sungai terpanjang di Kabupaten Brebes tersebut longsor. Lantaran khawatir tanggul jebol, ratusan warga bersama anggota TNI dan Polri melakukan gotong royong untuk memperbaiki kondisi tanggul, kemarin.

Perbaikan tanggul itu dilakukan warga dengan menumpuk karung berisi tanah. Selain itu, badan tanggul juga diperkuat dengan ratusan batang bambu yang ditanam. Aziz Amin, salah seorang warga menuturkan, longsornya tanggul sungai itu sebenarnya sudah terjadi lama. Awalnya tanggul hanya longsor sekitar 120 meter, tetapi saat air sungai meluap bertambah panjang menjadi 150 meter. Bahkan, kondisi tanggul hampir setiap minggu mengalami perubahan. Semula lebar tanggul mencapai 10 meter, dengan kondisi bantaran sungai yang lebarnya juga 10 meter. Namun sekarang badan tanggul hanya tersisa sekitar 4 meter. “Gimana kami tidak was-was akan jebol, sekarang lebar tanggul hanya tersisa 4 meter. Makanya, kami berinisiatif memperkuat melalui gotong royong,” ujarnya.

Menurut dia, perbaikan yang dilakukan warga tersebut hanya bersifat darurat. Untuk itu, warga berharap kondisi tanggul diperbaiki secara permanen. “Kami sangat berharap tanggul ini diperbaiki permanen,” tandasnya.

Camat Brebes, Asip Fauzan mengatakan, atas kondisi tanggul itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Brebes. Bahkan, pihaknya juga telah menurunkan tim untuk membantu warga dalam penanganan kerusakan tanggul tersebut. Selain itu, koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai juga dilakukan agar tanggul bisa diperbaiki secara permanen. “Kami sudah koordinasi dengan pihak yang berwenang agar tanggul diperbaiki permanen,” terangnya. (*)

BERITA LAINNYA