Take a fresh look at your lifestyle.

Taman Bunga Celosia, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Tegal

97

BALAPULANG,smpantura.com – Taman Bunga Celosia menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Tegal. Taman bunga yang berada di Jalan Raya Bojong Sawah Ladang , Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang ini mulai dibuka untuk umum tanggal 5 Mei 2021.

Untuk masuk ke taman bunga ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 5.000 per orang. Di tempat ini, mata kita dapat melihat hamparan bunga Celosia warna-warni seperti kuning, merah, merah muda, jingga dan ungu. Bunga-bunga itu ditata berkelompok sesuai warnanya.

Di Selain itu, tersedia sejumlah spot untuk swafoto. Pengunjung dapat swafoto dengan miniatur kincir angin Belanda, kupu-kupu dan bunga-bunga yang tumbuh berwarna-warni.
Menurut Pengelola Taman Bunga Celosia, Mukmin, dibukanya taman bunga menjelang Hari Raya Lebaran 1442 Hijriah ini, untuk menjaring minat wisatawan lokal yang hendak wisata di saat libur Lebaran nanti. Pihaknya siap menerapkan protokol kesehatan agar wisatawan merasa aman berada di taman tersebut.

Mukmin mengatakan, dipilihnya bunga Celosia untuk menghias taman tersebut karena bunga tersebut memiliki warna yang cerah dan mudah ditanam. Celosia merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga Amaranth. Tumbuhan bunga ini berasal dari daerah di Afrika. Dalam bahasa Indonesia, bunga Celosia juga sering disebut bunga jengger ayam. Sebutan ini diberikan karena bentuk bunga yang mirip dengan jengger ayam.

Mukmin, yang berasal dari Palembang ini mengatakan, sebelum membuat Taman Bunga Celosia di Danawarih, Kabupaten Tegal, sebelumnya dia juga membuat Taman Bunga Celosia di Lubuk Linggau , Sumatera Selatan (2017) , Lampung Utara (2018) dan Purwokerto (2019).

“Sekarang yang di Lubuk Linggau dan Lampung Utara sudah tidak ada lagi, kalau yang di Purwokerto dikelola adik,”tuturnya.

Pria berusia 42 tahun ini mengatakan, taman tersebut memiliki luas lahan 3.000 meter persegi. Di atas lahan sewaan itu, sejak Maret lalu, mulai dilakukan penanaman bunga Celosia dan pemasangan sejumlah spot foto.
Mukmin mengatakan, taman bunga Celosia akan terus dikembangkan dan ditambah dengan berbagai spot swafoto.Selain itu, juga dilakukan penataan tempat parkir kendaraan.

Mukmin mengatakan, ia memilih Kabupaten Tegal karena di daerah ini belum ada tempat wisata serupa.
Untuk mencapai tempat wisata tersebut, wisatawan tidak perlu bingung, karena lokasinya mudah dijangkau kendaraan. Dari Simpang Tiga Yomani hanya sekitar 4 kilometer. (T04-Red)

BERITA LAINNYA