Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Sekadar Mampu Bersaing, Tapi Miliki Keunggulan

145

* Universitas Pancasakti Tegal

MENGINJAK usia ke-39 tahun, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, telah mengalami banyak perubahan secara signifikan. Di sisi lain, target perguruan tinggi itu, kini lulusannya tak sekadar mampu bersaing di pasar kerja, tapi memiliki keunggulan.

Seperti apakah keunggulan yang dimiliki para lulusan perguruan tinggi yang berkampus pusat di Jl Halmahera Km 1 Kota Tegal? Tentu hal itu dapat dibaca dari banyak faktor yang dipersyaratkan.
Mulai dari kondisi kampus yang menyangkut sarana dan prasarana. Seperti ruang praktikum, laboratorium, dan perpustakaan.

Kemudian proses perkuliahan, shofskill atau kemampuan tambahan yang diperoleh selama kuliah, nilai akademik yang dicapai, hingga persaingan di pasar kerja.

”Jika ini dapat dicapai para lulusan atau wisudawan, tentu persoalan keunggulan yang dapat dimiliki akan menyertainya. Karena itulah, mahasiswa selama menimba ilmu di perguruan tinggi perlu keseriusan. Kami juga memiliki program yang serius untuk dapat melahirkan lulusan yang unggul,” terang Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum.

Dia menambahkan, sebenarnya tak hanya tujuan akhir melahirkan lulusan yang tak sekadar bersaing dan memiliki keunggulan. Perguruan tinggi yang dipimpinnya juga harus menunjukkan sisi keunggulan.

Karena itulah dalam wisuda yang digelar Auditorium Daryoen Seno Atmodjo, Sabtu (21/9), mengusung tema ”Optimalisasi Sumberdaya Lembaga untuk Menyukseskan Penjaminan Mutu Universitas”. Wisuda itu, merupakan Wisuda Ke-7 Magister, Wisuda Ke-62 Strata 1 dan Wisuda Ke-40 Diploma 3. Total ada 805 lulusan yang diwisuda.

Institusi Berkualitas

Tema itu, menurut dia, cukup selaras dengan visi dan misi perguruan tinggi yang dipimpinnya. Juga sebagai wujud peneguhan komitmen perguruan tingginya untuk terus memantapkan diri sebagai universitas yang tak hanya mampu bersaing.

Melainkan, lanjut dia, benar-benar berkomitmen menjadi istitusi pendidikan yang berkualitas, dan mampu berperan dalam merealisasikan visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan.

Rektor menunjukkan bukti keseriusan menjadikan perguruan tingginya memiliki keunggulan. Antara lain, dari sisi kelembagaan, perguruan tingginya yang memiliki enam fakultas dan 11 program studi, rata-rata terakreditasi B. Satu fakultas, yakni Fakultas Hukum, telah lama terakreditasi A.

Untuk tenaga pengajar, rata-rata bergelar doktor dan sudah memiliki sejumlah profesor maupun guru besar. Dengan performa dosen seperti itu, cukup menaikkan wibawa perguruan tingginya.

Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto SH MH, pun bergayung sambut dengan visi dan misi yang diayunkan rektor. Dukungan yang diberikan pun berkait dengan pendanaan untuk sarana dan prasarana perkuliahan. Juga hal-hal lainnya.

Kepercayaan Pemerintah

Sementara itu, berkait dengan peningkatan kepercayaan dari pemerintah (Kemendikbud dan Kemenristek Dikti), rektor membeberkan sejumlah fakta. Antara lain, baik untuk program beasiswa, pengiriman mahasiswa ke luar negeri untuk transfer kredit maupun sit in, hingga pembukaan prodi baru yang jarang dimiliki perguruan tinggi lainnya.

Dia menunjuk contoh pembukaan Prodi Magister Pedagogi, yang di Jateng merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang dipercaya pemerintah, untuk mematangkan para pengajar di berbagai tingkatan pendidikan di dunia pendidikan.

Program itu pun sejalan dengan pelaksanaan program sebelumnya. Antara lain program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Terbaru adalah, kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas kepala sekolah, lewat kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Itu setelah perguruan tingginya mengantongi penetapan dari Kemenristek Dikti, sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, dan akhirnya ditunjuk sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat untuk mengembleng para kepala sekolah. Karena syarat menjadi kepala sekolah sekarang harus mengantongi sertifikat diklat itu.

”Ini baru di satu fakultas. Yakni FKIP. Belum di Fakultas Hukum atau Fakultas Teknik atau fakultas lainnya. Program pendidikannya untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan unggul, telah terintegrasi dengan baik,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

  • Berita terkait : BACA – Lima Wisudawan Terbaik Raih Predikat Summa Cum Laude
BERITA LAINNYA