Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Pakai Masker, Belasan Warga Terkena Razia

84

SLAWI- Belasan warga mendapat sanksi karena tidak menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Mereka didapati tak menggunakan masker saat berada di luar rumah dan berada di tempat umum, Senin (24/8).

Alhasil, mereka harus menerima sanksi dari tim gabungan Satpol PP dan Polisi yang pagi itu menggelar pengamanan dan penegakan hukum percepatan penanganan Covid-19 di sejumlah lokasi.

Mereka mendapat sanksi berupa mengucapkan sila Pancasila maupun menyanyi lagu nasional. Sanksi yang diberikan sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Bupati Tegal Nomor 35 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Suharinto melalui Kasi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Kabupaten Tegal, Tabah Topan Widodo mengatakan, pemberian sanksi kepada warga yang tidak mengenakan maskermerupakan bagian dari kegiatan penegakan disiplin sekaligu penegakan hukum terkait pencegahan penularan virus korona.

Kegiatan tersebut melibatkan personel Satpol PP dan Polres Tegal. Adapun kegiatan dilaksanakan dengan mengerahkan dua tim, masing-masing menyisir wilayah Adiwena dan Slawi. Diantaranya mendatangi pasar tradisional dan modern.

“Di Pasar Trayeman Slawi, kami masih menemukan warga yang belum melaksanakan protokol kesehatan. Oleh karena itu sesuai Perbup Nomor 35 tahun 2020 mendapat sanksi pengucapan sila Pancasila , menyanyi lagu nasional, dikenakan bersih-bersih di lingkungan,”sebut Topan.

Dari Pasar Trayeman, petugas bergeser ke arah komplek Ruko Slawi dan Mutiara Cahaya  Slawi.

Di Ruko Slawi, tim gabungan juga mendapati sejumlah pengunjung yang tidak memakai masker.Tak hanya memberikan sanksi bagi pengunjung yang  tidak disiplin, tim gabungan juga memberikan masker kain untuk dipakai warga yang tak mengenakan masker itu.

“Dalam Perbup Nomor 35 Tahun 2020 tidak ada sanksi denda. Sanksi masih bersifat edukasi. Diharapkan sanksi tersebut  bisa menumbuhkan kepatuhan dan kesadaran warga,”jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, tim gabungan sekaligus mensosialisasikan tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada warga yang berada di tempat umum tersebut. Seperti kewajiban memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Jaga jarak  minimal satu meter dan sering mencuci  tangan pakai sabun/deterjen pada air yang mengalir. Selain itu, menjaga kebersihan.

Sementara itu, pusat perbelanjaan /pasar wajib menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun untuk mencuci tangan dan hand sanitizer. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA