Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Pakai Masker, Belasan Orang Didenda Rp 10 Ribu

55

SLAWI,smpantura.com – Belasan orang yang terjaring razia di GOR Trisanja Slawi, Kabupaten Tegal karena kedapatan tidak menggunakan masker. Mereka mendapatkan sanksi denda Rp 10 ribu yang dibayarkan langsung saat razia. Selain itu, puluhan orang juga kena sanksi mengucapkan teks Pancasila dan menyanyikan lagu nasional.

Razia penegakan protokol kesehatan (prokes) dilakukan tim gabungan yang terdiri dari 11 anggota Satpol PP Kabupaten Tegal, 6 anggota TNI, 10 anggota Polri, 2 anggota Dishub dan 2 anggota Kesbangpol. Razia dilakukan dengan menghentikan kendaraan yang melintas di jalan depan GOR Trisanja Slawi. Warga yang kedapatan tidak menggunakan masker, langsung diminta menepi untuk mendapatkan sanksi.

“Ada 34 orang yang terjaring karena tidak menggunakan masker. Kami langsung memberikan sanksi,” kata Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Tegal, Edi Supratman, Kamis (3/6).

Dibeberkan, dari jumlah warga yang terjaring, 12 orang didenda uang Rp 10 ribu, 18 orang diminta mengucapkan teks Pancasila dan 6 orang diminta menyayikan lagu nasional. Mereka diminta memilih akan mendapatkan sanksi yang mana, dan untuk uang denda akan dimasukan ke kas daerah. Pelanggar prokes rata-rata laki-laki dengan rentan umur antara 20-39 tahun. Kendati mereka sudah tahu wajib menggunakan masker saat keluar rumah, namun sebagian orang mengaku lupa dan sebagian lagi karena malas menggunakan masker.

“Kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal tinggi, disebabkan klaster pariwisata dan kerumunan. Ini kami lakukan untuk mengurangi lonjakan,” katanya.

Ditambahkan, operasi prokes dilakukan secara rutin dengan lokasi berpindah-pindah. Terutama di wilayah zona merah, diantaranya Slawi, Margasari, Bojong dan wilayah lainnya. Untuk operasi di obyek wisata dilakukan pada pagi dan malam hari. Sedangkan operasi pada sore hari dilakukan di jalan.

“Kami berharap dengan operasi prokes ini, masyarakat bisa semakin sadar untuk menggunakan masker,” harapnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA