Take a fresh look at your lifestyle.

Tahun Ini, 18 Kecamatan Bisa Layani Penerbitan Akta Kelahiran

191

SLAWI- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal, Supriyadi menargetkan tahun 2020 ini, seluruh kecamatan di Kabupaten Tegal, yang berjumlah 18 kecamatan bisa melayani penerbitan akta kelahiran.

Supriyadi menyebutkan, desentralisasi penerbitan akta kelahiran di kecamatan dilaksanakan untuk mendekatkan pelayanan terhadap warga. Desentralisasi penebitan akta kelahiran di kecamatan dilakukan sejak Februari 2020.

Hingga 20 Februari, tercatat sudah ada 13 Kantor Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) yang sudah melaksanakan layanan tersebut.

Dengan demikian, Kantor Paten kini tidak hanya melayani penerbitan kartu keluarga , KTP Elektronik, Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia(SKPWNI) Antar Desa Antar Kecamatan, tetapi juga bisa melayani permohonan penerbitan akta kelahiran.

“Semoga kendala jarak tempuh yang selama dikeluhkan dalam pelayanan akta kelahiran kini dapat teratasi. Warga tidak harus ke Slawi untuk membuat akta kelahiran. Terutama warga dari Bumijawa, Warureja, dan Margasari,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/3).

Supriyadi menyebutkan, 13 Paten yang sudah melayani penerbitan akta kelahiran yakni Paten Margasari,  Bumijawa, Bojong, Balapulang, Kedungbanteng, Pangkah, Adiwerna, Talang, Dukuhturi, Tarub, Kramat, Suradadi, dan Warureja.

“Lima kecamatan lainnya diharapkan segera menyusul tahun ini,”harapnya.

Berkaitan dengan persyaratan permohonan penerbitan akta kelahiran tidak jauh berbeda dengan pelayanan yang dilakukan di Kantor Disdukcapil.

“Semua harus lengkap dan tertib. Tidak ada yang dikurangi dan tidak ada yang ditambah. Dan harus diingat pelayanan kami gratis jika hadir sendiri di kantor pelayanan,”imbuhnya.

Pelayanan penerbitan akta kelahiran, kata dia, termasuk empat pelayanan yang paling banyak dilakukan Disdukcapil.

“Empat besar pelayanan terbanyak adalah kartu keluarga, akta kelahiran, pindah datang dan perekaman data,”ujarnya.

Setiap hari Disdukcapil melayani 600 sampai 700 permohonan KK, akta kelahiran, pindah datang dan perekaman data.

Pelayanan didominasi  pembuatan KK mencapai 300 sampai 400 pemohon per hari, sisanya mengajukan permohonan akta kelahiran,pindah datang dan perekaman data 150 sampai 200 pemohon per hari. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA