Take a fresh look at your lifestyle.

Susuri Sungai Pekalongan, Agung Satria Usulkan ke Pemprov Jateng

540

 

PEKALONGAN – Anggota Komisi D DPRD Jateng, Agung Satria Hermawan, dari F-PDIP bersama para pegiat sungai di Pekalongan berkesempatan menyusuri sepanjang Sungai Kupang Kota Pekalongan, Sabtu (18/1) siang. Susur sungai dengan menggunakan perahu tersebut, untuk mengetahui secara langsung kondisi setiap sudut sungai. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan Dapil XIII (Pekalongan, Batang, Pemalang-red) untuk menampung aspirasi warga. Secara bersamaan Komunitas Pecinta Sungai Sapuro (PSS) beserta Komunitas Sapulidi, Tim Jogo Kali DLH Kota Pekalongan, KKN Unikal, Ketua RT dan warga setempat sedang bergotong royong membersihkan bantaran Sungai Sapuro Kota Pekalongan.

Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 Wib, dengan membersihkan sampah dan pohon yang berada dibibir sungai khususnya yang tumbuh disepanjang pondasi di bawah Jembatan Sapuro. Dengan kondisi bronjong sudah mengkhawatirkan karena miring dan kawat penahan batu sebagian sudah putus dimakan usia, juga terjangan air pada musim hujan. Selain itu ranting bambu yang menutupi saluran dan berserakan dipinggir sungai juga diangkat dan dibersihkan.
Pada waktu yang bersamaan Komisi D dan Sekwan DPRD Pemprov Jateng, berkunjung ke lokasi kegiatan untuk melihat langsung sekaligus berdialog dengan peserta bersih sungai.

Rombongan yang dipimpin Agung Satria Hermawan ingin mengetahui secara langsung permasalahan yang ada di lapangan dengan harapan informasi yang didapat bisa dijadikan bahan usulan ke Pemprov Jateng yang selama ini juga sudah memperhatikan permasalahan sungai Pekalongan. “Kami mengapresiasi inisiatif dan kepedulian para pegiat sungai. Mari bersama-sama bergerak, demi sungai di Pekalongan. Kegiatan ini, merupakan kunjungan Dapil XIII (Pekalongan, Batang, Pemalang-red). Tentu, sesuai sesuai aspirasi warga, akan saya usulkan ke Pemprov Jateng agar penanganan sungai di Pekalongan dapat perhatian,” terang Agung, yang juga Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan disela-sela susur Sungai Kupang Kota Pekalongan, Jumat (18/1).

Dalam susur sungai dimaksud, diantara permasalahan yang ditemukan, terjadinya pendangkalan sungai, limbah cair, limbah padat atau sampah dan lainnnya. “Dengan informasi dan data yang ada akan kami laporkan lebih lanjut ke Pemrov Jateng, agar dapat penanganan serius,” imbuhnya. Pihaknya berharap, apa yang menjadi keluhan tersebut, dapat segera ditindaklanjuti oleh Pemprov Jateng. Dalam kesempatan itu, hadir pula Edi selaku dosen Unikal. Kehadirannya diharapkan bisa membantu dalam hal kajian akademik, sebagai data dalam penanganan perbaikan ekosistem dan lingkungan sungai Pekalongan yang kondisinya sudah sangat kritis. (Kuswandi/Red9)

BERITA LAINNYA