Take a fresh look at your lifestyle.

SUPM Tegal Gelar Wisuda Daring Bersama Menteri KKP

101

TEGAL,smpantura.com – Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal, menggelar wisuda secara online atau daring tahun pelajaran 2020/2021, bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono, Senin (28/6), di Aula sekolah setempat. Sebanyak 12 siswa mewakili 163 siswa yang diwisuda dalam wisuda daring tersebut.

Acara juga dihadiri Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan, Kepala Sekolah SUPM Tegal, Maskuri, Wakil Kepala Pengajaran Henry Iskandar, Wakil Kepala Kesiswaan Muchtar, Wakil Humas Anjang Kurnia dan Wakil Sarana Pendidikan Edi Mustono.

Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, dengan sistem pendidikan sekolah berasrama, sekaligus lembaga pendidikan yang siswanya belajar dan tinggal bersama selama kegiatan pembelajar bisa menghasilkan produk berkualitas. Diharapkan lulus sekolah itu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional, berjiwa wirausaha kuat dan jadi kekuatan bagi pengembangan dunia usaha serta industri kelautan perikanan. “Komitmen dan kebijakan KKP untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak nelayan , pembudidaya ikan, pengolah ikan dan petambak garam minimal 50 persen anak pelaku utama dari total jumlah peserta didik yang akan ditingkatkan jumlahnya,” tuturnya.

Menurut Dia, KKP memiliki 3 prioritas.Yakni peningkatan PNBP sumber daya perikanan tangkap untuk kesejahteraan nelayan. Kemudian, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan. Terakhir, pembangunan kampung perikanan berbasis kearifan lokal. “Pelaksanaan program prioritas KKP harus didukung dengan penerapan ekonomi biru melalui pemanfaatan sumber daya laut yang berkelanjutan dan didukung penguatan riset. Laut yang sehat dapat tingkatkan nilai sumber daya laut sehingga kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan bisa meningkat,”paparnya.

Sementara itu, Kepala BRSDM Sjarief Widjaja mengungkapkan, lulusan sekolah tidak hanya dapat ijazah melainkan juga memiliki sertifikat keahlian di antaranya BST, ANK, APIN / ATKAPIN II, kompetensi keahlian teknik penangkapan ikan dan kompetensi keahlian permesinan perikanan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIP). Selain itu, Manajer Pengendali Mutu (MPM), Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) serta kompetensi keahlian pembesaran budidaya ikan. “Para wisudawan telah memiliki wirausaha yang telah dirintis semenjak semester III, melalui pembelajaran kewirausahaan maupun diterima bekerja di dunia usaha dan industri bisa menjalin kerjasama dengan SUPM,”ungkapnya.

Kepala Sekolah SUPM Negeri Tegal Maskuri mengaku, gembira atas diwisudanya siswa yang diikuti 9 SUPM di lingkup BRSDM tahun 2020/2021. “Alhamdulilah kami berbahagia tugas kami mendidik siswa di tahun 2020/2021 telah usai, semoga bisa bermanfaat untuk mereka yang lulus,” pungkasnya.

BERITA LAINNYA