Take a fresh look at your lifestyle.

Sungai Meluap, Banjir Terjang Sejumlah Desa di Dua Kecamatan

237

BREBES – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Brebes, menyebabkan banjir di sejumlah desa, di Kecamatan Ketanggungan dan Banjarharjo, Rabu petang (8/1). Itu terjadi akibat beberapa sungai besar di wilayah tersebut meluap.

Di Kecamatan Ketanggungan, banjir terjadi di Desa Sindangjaya, Cikeusal Lor dan Pamedaran. Itu menyusul meluapnya Sungai Babakan. Ratusan rumah warga di tiga desa tersebut terendam banjir. Bahkan, di Desa Pamedaran dilaporkan selain mengenangi rumah warga, banjir juga menyebabkan satu rumah yang berada di tepi Sungai Babakan ambruk. Yakni, rumah milik Ema Amah, warga RT 2 RW 4, Desa Pamedaran.

Di Kecamatan Banjarharjo, banjir melanda Desa Cipajang dan Bandungsari. Itu terjadi akibat tiga sungai di wilayah tersebut meluap. Yakni, Sungai Cicariu, Cimandala dan Kabuyutan. Sementara untuk mengantisipasi banjir kiriman akibat meluapnya Sungai Babakan, jajaran Polres Brebes memberikan peringatan kepada masyarakat yang berada di sepanjang aliran sungai tersebut. Pengumuman waspada banjir diberikan melalui pengeras suara mobil patroli kepada masyarakat di Kota Kecamatan Ketanggungan.

Hingga malam ini, banjir di Desa Cikeusal Lor, Pamedaran, Sindangjaya dan desa lainnya mulai surut. Justru banjir bergeser ke Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan. Di wilayah itu, tanggul Sungai Babakan jebol di tiga titik. Air selain menggenangi rumah warga juga merendam jalan raya Ketanggungan, yang menghubungkan antara Pejagan-Ketanggungan-Prupuk.

Sekertaris Desa (Sekdes) Cikeusal Lor Gilang Ningrum mengatakan, sedikitnya ada 200 rumah warga di desanya yang terendam akibat luapan Sungai Babakan. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding banjir pada Selasa (7/1) lalu. “Jumlah sekarang lebih banyak dibanding kemarin (Selasa, Red). Ini jumlahnya mencapai ratusan rumah yang terendam,” katanya.

Camat Ketanggungan Urip Suripno mengatakan, ada beberapa desa di wilayahnya yang mulai terendam akibat limpasan Sungai Babakan. Di antaranya, Desa Cikeusal Lor dan Sindangjaya. Dengan intensitas hujan hingga pukul 18.00 masih turun. Diperkirakan beberapa desa seperti Desa Ketanggungan juga akan terkena limpasan Sungai Babakan tersebut. “Info yang saya terima yang paling parah di Cikeusal Lor,” tandasnya saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Menurut dia, pihaknya kini sudah menginformasikan kepada masyarakat yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) tepatnya di Desa Ketanggungan untuk waspada. Pasalnya, debit air di Sungai Babakan terus mengalami peningkatan. “Hingga pukul 18.00, debit air di Bendungan Cisadap sudah menunjukan level 220. Jadi, kami memberikan himbauan kepada warga yang berada di DAS Sungai Babakan untuk waspada,” terangnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA