Take a fresh look at your lifestyle.

Sungai Babakan Meluap, Puluhan Rumah Terendam

229

BREBES– Puluhn rumah di Desa Cikeusal Lor, dan Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan terendam banjir, akibat Sungai Babakan meluap, malam ini Senin (6/1). Bahkan, air luapan sungai itu kini juga sudah menggenangi jalan raya Ketanggungan, yang merupakan jalur penghubung dari ruas pantura dan tol pejagan ke jalur selatan Purwokerto.

Akibat terendam banjir, kendaraan yang melintas memperlambat lanjunya dan harus ektra hati-hati. Genangan di jalan raya ketanggungan mencapai lebih dari 10 sentimeter.

Sekertaris Desa (Sekdes) Cikeusal Lor, Gilang Ningrum mengatakan, puluhan rumah yang terendam di desa berada di empat wilayah Rukun Tetangga (RT). Yakni, RT 08, RT 09, RT 11 dan RT 12.”Kalau jumlah rumah yang terendam masih kami data, yang jelas mencapai puluhan rumah,” tandasnya.

Menurut dia, banjir terjadi akibat Sungai Babakan meluap. Meskipun hanya banjir limapsan, namun sering terjadi setiap musom penghujan. Terutama jika debit air Sungia Babakan meningkat, sudah pasti rumah didekat sungai tersebut akan terkena imbasnya. “Kalau hujan deras dan debit air sungai meningkat, sudah pasti rumah yang ada didekat sungai akan terendam. Ya walaupun cuma lewat. Alhamdulilah ini sudah mulai surut,” terangnya.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Brebes asal Kecamatan Ketanggungan, M. Rizki Ubaidilah mengatakan, air Sungai Babakan mulai limpas sekitar pukul 18.40. Akibatnya, selain rumah warga, jalan raya juga ikut terendam. “Tadi, debit air di Sungai Babakan mencapai 160 centimeter. Alhamdulillah sekarang sudah turun mencapai 120 centimeter,” ucapnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA