Take a fresh look at your lifestyle.

Sudirman Said Dosen Tamu PHB Tegal

143
* Mengajar Etika Bisnis dan Profesi

TEGAL – Mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (2014-2016), yang pernah menjadi Cagub Jateng 2018, Sudirman Said, kini menjadi dosen tamu di Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, mulai Tahun Akademik 2019/2020.

Hal itu diungkapkan sendiri Sudirman Said, saat mengisi kuliah umum di aula peguruan tinggi vokasi tersebut, Kamis (26/9). Dia tertarik mengajar di kampus tersebut, salah satu alasannya, karena ingin meningkatkan kualitas lulusan Prodi D3 Akuntansi perguruan tinggi itu.

”Sebenarnya tidak hanya untuk peningkatan kualitas lulusannya. Tapi diharapkan dapat menunjang untuk tumbuh kembangnya kampus ini,” terang pria kelahiran Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jateng, 16 April 1963.

Sosok yang dikenal sebagai pegiat antikorupsi mengungkapkan, pascapilgub Jateng 2018, banyak mengisi kegiatannya kuliah umum yang digelar sejumlah perguruan tinggi di Brebes dan Kota Tegal. Antara lain, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes dan Universitas Pancasakti Tegal.

Keberadaan pakar Akuntansi lulusan STAN tahun 1990 dan Master Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington DC, Amerika Serikat (1994), di kampus itu, sudah mengajar sejak dua pekan sebelumnya.

Dia mengajar mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi, selama 14 kali pertemuan dalam Tahun Akademik 2019/2020. Menurut dia, Akuntansi tak hanya sebatas pengetahuan, tapi skill (Keahlian atau Ketrampilan). ”Lebih penting lagi adalah persoalan etika. Ini yang akan saya ajarkan,” ucap pegiat antikorupsi tersebut.

Sangat Luas

Berkait dengan perkembangan akuntansi sekarang, dia menilai sangat luas. Di era sekarang, lanjut dia, banyak institusi yang didirikan, dan sangat membutuhkan keberadaan akuntan. Baik dipemerintahan maupun swasta.

Seperti perkembangan industri di bidang jasa. Setiap institusi membutuhkan disiplin ilmu itu, perlu keuangan, perlu audit dan review. Peluang pasarnya besar. Di sisi lain, dia juga akan terus menjaga kualitas. Baik dalam proses perkuliahannya maupun dalam menghasilkan lulusannya. Lebih penting lagi adalah membangun kemampuan akuntansi yang berkualitas pada mahasiswa agar kelak menjadi lulusan yang dapat berperan penting bagi pembangunan bangsa.

Karena itulah, dalam perkuliahan, dirinya selalu membangun diskusi dengan mahasiswanya. Anak didiknya terus dipacu untuk aktif bertanya dan menjawab, juga ada kemampuan analisanya.
Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Khafdillah MS SKom SH MH

mengatakan, menyambut baik kehadiran dosen tamu dari kalangan pakar seperti Sudirman Said. ”Sangat menunjang untuk tumbuh kembangnya kampus PHB. Selain itu diharapkan dapat memotivasi dosen lainnya, untuk memajukan kualitas pendidikan di perguruan tinggi vokasi ini,” ucap dia.

Ketua Prodi D3 Akuntansi Yeni Priatnasari SE MSi AK CA juga mengungkapkan hal sama. Selain bangga, sosok pakar seperti itu sangat dibutuhkan prodinya. Karena akan memberi banyak pencerahan bagi mahasiswanya, juga kelak peningkatan kualitas lulusannya.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA