Take a fresh look at your lifestyle.

Suara Merdeka dan Luwak White Coffie Bantu Air Bersih

191

PEMALANG – Koran Suara Merdeka bekerjasama dengan Luwak White Coffie membantu air bersih bagi warga desa di Kecamatan Pulosari. Bantuan mulai disalurkan sejak Kamis (18/7) kemarin menggunakan armada truk tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PDAM Tirta Mulia Pemalang.

Pada hari kedua penyaluran bantuan Jumat (19/7) menggunakan truk tangki PDAM disalurkan ke Dukuh Karangmulya dan Karanganyar, Desa Pagenteran, Kecamatan Pulosari. Kepala Desa Pagenteran, Suwanto mengatakan warganya mengalami sulit air sejak bulan puasa kemarin.

“Karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada Suara Merdeka dan Luwak White Coffie atas bantuan air bersih ini,”kata Kepala Desa.

Bantuan kata dia cukup meringankan penderitaan warganya sebab apabila bantuan air tidak datang mereka terpaksa membeli air bersih. Warga membeli air beraih satu jerigen seharga Rp 2.500 namun itu hanya cukup untuk kebutuhan masak dan minum sehari.

Warga yang lebih mampu terpaksa membeli air satu tangki, bisa dengan tangki di mobil pikap maupun truk. Harganya antara Rp 200-600 ribu, itu pun hanya cukup untuk kebutuhan masak, minum, mandi dan cuci selama satu minggu.

Sementara bantuan air bersih kemarin lanjut kades dibagikan kepada 130-an keluarga dari dua dukuh. Warga rela antre dan tertib untuk menata jerigen agar diisi air oleh petugas.

Salah satu warga, Siti antusias sekali begitu melihat truk PDAM masuk ke desanya. Namun dia tidak bergegas menyerbu truk melainkan menunggu pengunuman dari masjid.”Nunggu pengumuman, itu tuk tangki bawa air batua atau bukan,”kata Siti. Tak lama kemudian Kades Suwanto menggunakan pengeras suara masjid meminta warga berkumpul membawa jerigen untuk antri air bantuan Suara Merdeka-Luwak White Cofee.

Warga pun berhamburan keleuar rumah menenteng jerigan. Ada yang membawa dua sekaligus adapula yang meminta bantuan anak-anaknya untuk ikut serta membawa jerigen.

Kemarin sedianya truk tangki PDAM yang dikemudikan Sis akan mengangkut empat tangki air. Namun lantaran jam kerja hari Jumat yang tidak sepanjang seperti hari biasa, Sis hanya mampu menyalurkan air sebanyak dua tangki. Rencana dua tangki lainnya akan disalurkan Sabtu (20/7) hari ini ke Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari.

Camat Pulosari Ahmadi menjelaskan di wilayahnya terdapat 12 desa yang semuanya mengalami sulit air ketika masuk musim kemarau. Untuk meringankan beban warga dalam mendapatkan air bersih Camat merekomendasikan bantuan air bersih kepada warganya lewat BPBD.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Wismo mejelaskan bantuan air beraih untuk desa sulit air, dilakukan sampai dengan Oktober 2019. Penyaluran juga menggandeng pihak lain seperti perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta.

(Ali/ red38)

BERITA LAINNYA