Take a fresh look at your lifestyle.

Stok Darah Menipis, PMI Sasar Kelompok Masyarakat

93

SLAWI,smpantura.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal mengajak masyarakat menyasar untuk donor darah di bulan Ramadan tahun ini. Pasalnya, stok darah di PMI dalam kedaan kritis.

Petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal, Debbie Natalia Andriani mengatakan, setiap hari PMI Kabupaten Tegal membutuhkan 50 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di sejumlah rumah sakit dan klinik Kabupaten Tegal.

Oleh sebab itu, PMI menggiatkan donor darah baik di kantor PMI maupun mobile unit dengan mendatangi kelompok-kelompok masyarakat.

Disebutkan Debbie, di bulan puasa ini, kegiatan donor di pagi hari mengalami penurunan. Pendonor diperkirakan khawatir bila donor pagi hari akan lemas dan batal puasanya.
Kegiatan donor darah lebih banyak dilakukan menjelang waktu buka puasa maupun malam hari setelah shalat taraweh.

“Harapan kami, pendonor tidak berhenti donor darah di bulan puasa ini. Kalau sudah waktunya untuk donor,silahkan datang ke PMI. Pelayanan permintaan dan donor darah dilayani 24 jam,”terang Debbie, Sabtu ( 17/4).

Dengan menipisnya stok darah, PMI Kabupaten Tegal mengetuk kesadaran masyarakat untuk berempati pada warga yang membutuhkan darah.

Sebagai apresiasi kepada pendonor yang datang ke PMI maupun yang mengikuti kegiatan mobile unit, PMI memberikan bingkisan berisi makanan dan minuman.

“Kami berharap dalam satu bulan bisa sesuai target. Setiap hari dibutuhkan 50 kantong darah atau sebulan sebanyak 1.500 kantong darah,”sebutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan darah di bulan ramadan,lanjut Debbie, PMI menyasar kelompok masyarakat bermassa cukup besar, juga masyarakat non muslim. Seperti dilakukan pada Sabtu (17/4) malam, Unit Donor Darah PMI mengadakan mobile unit di Pimpinan Ranting GP Ansor Yamansari, Kecamatan Lebaksiu di Gedung MWC NU Lebaksiu. (T04-Red)

BERITA LAINNYA