Take a fresh look at your lifestyle.

Stok Beras di Pemalang Aman Hingga Enam Bulan Kedepan

128

PEMALANG – Stok beras untuk masyarakat di Kabupaten Pemalang aman untuk enam bulan kedepan. Hal itu berdasarkan data dari Bulog Babadan yang diperoleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang saat melakukan kunnungan kerja.

“Hasil kunjungan kerja dari Komisi B, DPRD Pemalang diketahui stok beras aman sebab di gudang Bulog ada sekitar 6.600 ton beras, dan siap untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Diperkirakan stok tersebut bisa untuk mencukupi kebutuhan beras masyarakat Pemalang hingga enam kedepan,” ujar Ketua Komisi B, DPRD Pemalang, Fahmi Hakim, kemarin.

Dia mengatakan, Kunker komisi B ke gudang beras Bulog selain mengecek stok juga dalam rangka membawa aspirasi petani. Para petani berharap Bulog bisa menyerap hasil panen mereka, tanpa harus melalui pihak lain, selain itu diharapkan Bulog bisa sebagai penyetabil harga beras atau gabah di pasaran. Selain itu diharapakan ada pola kerja sama jangka panjang dengan petani sedangkan Pemerintah daerah berfungsi sebagai jembatan dengan Bulog. Terkait dengan aspirasi tersebut pihak Bulog akan menindaklanjuti sesuai dengan aturan. Dalam jangka pendek Bulog dengan Dinas Pertanian akan bekerja sama dalam penyiapan kerja sama penanaman padi yang disokong oleh Bulog. Terkait dengan harga gabah yang turun, hal itu disebabkan saat ini di Pemalang sedang panen raya, khususnya lahan pertanian di sepenjang jalur Pantura.

“Saat ini musim panen sedang berlangsung sehingga ketersediaan pangan khususnya beras di Kabupaten Pemalang masih cukup melimpah. Panen yang terjadi secara bertahap untuk masing-masing daerah kecamatan dan panen diprediksi masih akan terus berlangsung hingga akhir April mendatang,” ujar Kepala Seksi Distribusi dan Cadangan Pangan. Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Nursyam Ubaidi.

Dia mengatakan, beberapa daerah kecamatan khususnya di sepanjang Pantura seperti, Kexamatan Pemalang, Taman, Petarukan, Ampelgading, Comal, Bodeh dan Ulujami sedang panen raya. Untuk daerah lainnya, khususnya wilayah tengah dan agak atas sudah panen raya lebih awal, dibandingkan pertanian di wilayah Pantura. Dari banyaknya daerah yang panen raya diperkirakan stok beras di Pemalang bisa mencapai 34.020 ton hingga Juni 2020 mendatang. Stok bisa dikatakan aman berdasarkan kebutuhan dengan jumlah penduduk Pemalang pada tahun 2020 sekarang ini sebanyak 1.305.666 jiwa. Meskipun demikian, diperkirakan stok tersebut akan berkurang cukup siginifikan yaitu sekitar 60 persen anatar bulan Agustus hingga September tahun 2020 mendatang. Untuk harga gabah, lanjutnya, saat panen pertama mencapai Rp. 6.500 – Rp. 6.700 per kilogram. Namun sekarang karena sudah banyak yang panen harganya turun menjadi Rp. 5.900 – Rp. 6.100 per kilogram.(Jokowi/Red_03)

BERITA LAINNYA