Take a fresh look at your lifestyle.

Status Waspada, Jalur Evakuasi Gunung Slamet Dicek

166

BREBES – Menyusul status Gunung Slamet meningkat menjadi waspada, sejumlah jalur evakuasi warga di wilayah Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dicek, kemarin. Pengecekan dilakukan jajaran Kodim 0713 Brebes.

Dandim 0713 Brebes, Letkol Inf Faisal Amri melalui Perwira Seksi Operasi Lettu Kaveleri Eko mengatakan, pengecekan jalur evakuasi dilakukan untuk mengantisipasi kondisi terburuk terjadi di Gunung Slamet, menyusul saat ini statusnya ditetapkan pada level waspada. Pengecekan difokuskan pada kondisi jalan yang akan digunakan untuk mengavakuasi warga saat gunung terbesar di Pulau Jawa itu erupsi. “Kami dalam pengecekan ini juga menentukan titik-titik pengungsian yang aman, baik itu di lahan yang kosong atau gedung yang bisa dipakai untuk pengungsian,” ujarnya.

Menurut dia, menyikapi status Gunung Slamet tersebut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepala desa yang wilayahnya berada di kaki gunung. Pihaknya meminta kapala desa untuk melarang agar warga tidak melakukan aktivitas dengan jarak 2 kilometer dari puncak gunung. “Semua jalur evakuasi kami cek, termasuk di Kecamatan Sirampog dan kecamatan lain yang wilayahnya berada di kaki Gunung Slamet,” terangnya.

Dia menambahkan, di wilayah Brebes ada dua kecamatan yang berada di kaki Gunung Slamet. Yakni, Kecamatan Sirampog dan Paguyangan. “Kita cek semua jalur evakuasinya, ini agar saat terjadi hal terburuk warga bisa cepat dievakuasi,” pungkasnya.

(Setiawan/ red2)

BERITA LAINNYA