Take a fresh look at your lifestyle.

SPASI Ajak Pelaku Seni Vaksinasi Covid-19

111

TEGAL, smpantura.com – Sebanyak 44 orang pelaku seni, budaya, dan ekonomi kreatif di Kota Tegal dan sekitarnya, telah dijadwalkan Dinas Kesehatan Kota Tegal untuk menerima vaksinasi Covid-19 tahap I, di Rumah Sakit Kardinah.

“Vaksinasi menjadi awal yang baik karena medan kerja pelaku seni dan budaya di lapangan serta menuntut pertemuan tatap muka dengan banyak orang”, ungkap Siwi Rimayani Oktora, peserta vaksin sekaligus pegiat budaya Kemendikbud wilayah Kota Tegal, Sabtu (22/5).

Siwi berharap aktivitas seni, budaya, serta ekonomi kreatif di Kota Tegal dan sekitarnya dapat aktif kembali. Di Tegal dan sekitarnya, program vaksinasi bersama para pelaku seni, budaya, dan ekonomi kreatif diiniasi oleh Spasi Creative Space (Ruang Kreatif Spasi).

Riandini Tri Astuti, salah satu panitia, berbagi harapannya tentang program vaksinasi bersama menyampaikan pemerintah, selain mengupayakan vaksin yang aman, juga perlu dibarengi dengan distribusi serta yang cepat, tepat, dan merata. Dan yang tak kalah penting, pemerintah juga perlu memberikan informasi yang terbuka sehingga masyarakat tak perlu ragu dan bimbang untuk mengambil langkah vaksinasi.

“Pemerintah tak bisa sendirian. Masyarakat punya andil untuk bersinergi dengan pemerintah, berikhtiar bersama untuk bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi, dengan terus mentaati anjuran protokol kesehatan dan saling memberi dukungan bagi lancarnya program vaksinasi,” ujar Dini.

Vaksinasi tersebut menjadi harapan baru demi eksistensi para pelaku seni, budaya, dan ekonomi kreatif yang terdiri dari komunitas film, seni rupa, videografer, event organizer, sound engineer, fotografer, dan sebagainya

“Meski belum bisa menyasar seluruh pegiat seni dan budaya di Tegal, setidaknya program vaksinasi bersama ini bisa memicu kesadaran komunitas atau kantung-kantung seni yang lain untuk melakukan hal serupa, sebab pelaku seni dan budaya juga dapat berperan sebagai influencer bagi masyarakat umum untuk menginformasikan pentingnya vaksin”, ungkap Prasetyo BM, salah satu peserta vaksinasi bersama yang juga Ketua Kelompok Teater Qi. (T01-red)

BERITA LAINNYA