Take a fresh look at your lifestyle.

SMKN 2 Slawi Telaah Dokumen Pembelajaran Praktik dan Sinkronisasi Kurikulum

62

SLAWI,smpantura.com – Mempersiapkan kegiatan pembelajaran di tahun pelajaran 2021/2022, SMK Negeri 2 Slawi telah melaksanakan kegiatan telaah dokumen pembelajaran praktik berbasis teaching factory sekaligus sinkronisasi kurikulum bersama mitra dunia usaha dunia industri (DUDI). Kegiatan berlangsung dua hari, pada tanggal 10 dan 11 Juni 2021 bertempat di Aula SMKN 2 Slawi dengan menerapkan protokol kesehatan .

Turut mengikuti tersebut semua guru kejuruan yang berjumlah 52 orang dari tujuh kompetensi keahlian antara lain, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Organik Ekologi, Agribisnis Ternak Unggas, Alat Mesin Pertanian, Teknik Mekanik Industri dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Kepala SMK Negeri 2 Slawi AR Hartono mengatrakan, pada kegiatan telaah dokumen pembelajaran, telah dilakukan review dokumen pembelajaran berbasis teaching factory untuk menyesuaikan kondisi terkini yang terjadi di lapangan / dunia kerja, dengan harapan proses pembelajaran yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022 nantinya bersifat adaptif pada kondisi yang ada.

“Dokumen yang direview antara lain pemetaan produk, RPP dan jobsheet, dan strategy pengelolaan unit usaha / unit produksi berbasis business model canvas. Ketiga dokumen tersebut merupakan perangkat pada implementasi teaching factory sebegai model pembelajaran praktik yang dilakukan secara konsisten di SMK Negeri 2 Slawi,”terang Hartono, Sabtu (12/6).

Adapun, sinkronisasi kurikulum bersama mitra DUDI, dihadiri perwakilan mitra DUDI dari masing-masing kompetensi keahlian antara lain PT Benih Citra Asia Cilacap, CV Promindo Utama Cirebon, PT Charoen Pokphand Tegal, PT Nasmoco Pratama Tegal, PT Karya Paduyasa Tegal, PT East West Seed Indonesia Purwakarta dan PT Kubota Indonesia Semarang.

“Pada kegiatan tersebut telah dilakukan diskusi pihak sekolah dengan mitra DUDI terkait penyelarasan kurikulum, kegiatan praktek kerja lapangan untuk siswa, kegiatan magang guru dan Instruktur tamu dari mitra DUDI,”sebut Hartono.

Pada acara tersebut, dilakukan penandatanganan bersama pihak sekolah dan mitra DUDI pada dokumen berita acara hasil telaah pembelajaran dan sinkronisasi kurikulum dan nota kesepahamanan (MOU) kemitraan

Hartono berharap, melalui kedua kegiatan tersebut, SMK Negeri 2 Slawi siap mengelola dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tahun pelajaran 2021/2022 menjadi lebih tertib dan menghasilkan kompetensi siswa yang optimal dan berkarakter positif.  (T04-Red)

BERITA LAINNYA