Take a fresh look at your lifestyle.

SMK Negeri 1 Ampelgading Raih Penghargaan PJAS Aman Level 1

117

Pemalang – SMK Negeri 1 Ampelgading Kab. Pemalang menerima sertifikat penghargaan Pangan Jajanan Anak Sekolah  (PJAS) aman level 1 pada , Rabu, 18 November 2020 di Hotel Laras Asri Salatiga. Sertifikat diserahkan oleh Kepala Balai Besar POM Semarang.

Dalam kesempatan itu, hadir Kabid SMA, Samsudin Isnaeni mewakili plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, sekaligus membacakan sambutan yang menyatakan bahwa sekolah yang mendapatkan sertifikat PJAS aman harus terus mewujudkan sekolah sehat, memberi inspirasi kepada sekolah lain, terus berinovasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Samsudin juga menyampaikan rencana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah akan mengadakan kegiatan Lomba Sekolah Sehat.

Kepala Balai Besar POM di Semarang, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni berpesan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah agar ke depan salah satu point penilaian Lomba Sekolah Sehat adalah memiliki sertifikat PJAS aman. Pesan tersebut sontak disambut tepukan riuh dari sekolah-sekolah yang hadir untuk menerima sertifikat PJAS aman. “PJAS aman adalah untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul sebagai generasi emas”, ujarnya.

Kepala SMK Negeri 1 Ampelgading, Lutfah Barliana merasa senang menerima penghargaan tersebut. Dia berharap bisa konsisten menjaga jajanan sehat di sekolahnya dan mendapat dukungan, khususnya dari pengelola kantin yang menjual jajanan di sekolah. “Pengelola kantin harus tetap konsisten untuk menjual jajanan sehat yang bisa dikonsumsi para siswa, guru, dan staf Tata Usaha, sehingga badan mereka tetap sehat dan jauh dari penyakit”, ujarnya.

Pemberian sertifikat penghargaan PJAS aman Level 1 tersebut melalui proses panjang. Sebelum terjadi Covid 19, TIM BBPOM Semarang melakukan advokasi PJAS pada 27 Februari 2020. Target semula di lima wilayah kabupaten, yakni: Klaten, Demak, Tegal, Pemalang, dan Brebes. Karena pandemi Covid 19, target hanya di tiga wilayah, yakni: kab. Brebes, Kab. Pemalang, dan Kab. Klaten. Salah satu sekolah yang diberi advokasi di Kab. Pemalang adalah SMK Negeri 1 Ampelgading.

Tahap selanjutnya, TIM BBPOM melakukan pemetaan pada 20 sekolah di tiga kabupaten tersebut dan memberikan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah. Untuk Kab. Pemalang, bimbingan dilaksanakan di Hotel Winner pada 10 September 2020, diikuti enam sekolah. Tiap-tiap sekolah diwakili oleh Kepala sekolah dan satu orang pengelola kantin. Peserta lainnya adalah dari Perwakilan Kordinator Wilayah Kecamatan dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang.

Lalu, tiap sekolah diminta melakukan Sosilisasi Keamanan Pangan kepada warga sekolah, membentuk Tim Keamanan Pangan Sekolah (TKPS), dan membuat program kerja. Saat sosialisasi di sekolah peserta diminta mengerjakan pretes dan postes. Semua dokumen tersebut harus diaploud pada link yang disediakan pihak BBPOM Semarang sebagai dasar pemberian sertifikat. Ada 16 sekolah tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK yang menerima sertifikat PJAS aman level 1 yang berasal dari tiga kabupaten, yakni, Kab. Brebes, Kab. Pemalang, dan Kab. Klaten. Salah satunya adalah SMK Negeri 1 Ampelgading.

BERITA LAINNYA