Take a fresh look at your lifestyle.

SMK 2 Slawi Akan Jadi Binaan Pusat Pendidikan Pertanian Kementan

189

SLAWI – Kepala SMK 2 Slawi, AR Hartono mengatakan, SMK 2 Slawi akan ditetapkan sebagai SMK Binaan Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia bersama 100 SMK dari 765 SMK berbasis agribisnis dan agroteknologi yang ada di Indonesia.

“Dengan demikian, SMK 2 Slawi akan mendapat pendampingan dan pembinaan berkelanjutan untuk pengembangan sumberdaya yang ada guna menghasilkan lulusan di bidang pertanian dan peternakan yang kompeten dan berkarakter positif,”jelasnya, usai menerima kunjungan Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Idha Widi Arsanti, Sabtu (13/3).

Hartono menyebutkan, SMK 2 Slawi saat ini memiliki tujuh kompetensi keahlian, lima diantaranya kompetensi keahlian di bidang agribisnis dan agroteknologi telah mengembangkan unit-unit usaha /produksi dari implementasi teaching factory yang meliputi 14 produk budidaya tanaman / ternak, 11 produksi hasil pertanian, dan 5 produk yang berbasis jasa.

“Sebagai salah satu SMK di Kabupaten Tegal yang berbasis agribisnis dan agroteknologi, SMK 2 Slawi berkomitmen menjadi destinasi edu-eco-agrowisata,”terang Hartono.

Untuk mencapai tujuan tersebut, SMK 2 Slawi melakukan berbagai upaya dengan memberdayakan dan mengoptimalkan sumberdaya yang ada, termasuk mitra dunia usaha, dunia industri , dunia kerja sebagai pengguna lulusan SMK dalam rekrutmen tenaga kerja di bidang pertanian dan peternakan dalam implementasi teaching factory sebagai model pembelajaran.

Dalam kunjungan di SMK 2 Slawi, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Idha Widi Arsanti mengapresiasi upaya SMK 2 Slawi yang membuat banyak unit usaha / unit produksi dari implementasi teaching factory sebagai model pembelajaran praktik. Diharapkan lulusan SMK tersebut siap berkompetisi memasuki lapangan pekerjaan, baik di dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (Dudika) maupun berwirausaha.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang , Rajiman, Koordinator/KepalaBidang Program dan Kerjasama, Saptorini besertajajaran yang lainnya.

Pada kunjungan tersebut ,rombongan mengunjungi kampus 1 yang berada di Slawi dan memperhatikan area kebun pembibitan dan konservasi plasma nutfah, rumah produksi Vista Sari Lemon, ruang pamer tanaman dan galery teaching factory yang merupakan sentra penjualan produk-produk teaching factory yang berbasis makanan maupun non makanan.

Selanjutnya, mereka mengunjungi kampus 2 yang berada di Pegerbarang, yang memiliki luas 14 hektar. Disana mereka menyaksikan sumberdaya sarana dan media praktik siswa di bidang agribisnis dan agroteknologi. Diantaranya, budidaya tanaman maupun pengolahan hasil pertanian dan peternakan di area agribisnis organik ekologi, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura, agribisnis pengolahan hasil pertanian, agribsnis ternak unggas dab alat mesin pertanian.

Idha Widi Arsanti berharap, upaya yang telah dilakukan SMK 2 Slawi, dapat menjadi contoh bagi SMK lain yang berbasis agrisbisnis dan agroteknologi.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Yogyakarta – Magelang Rajiman, mempersilahkan lulusan SMK 2 Slawi yang akan melanjutkan pendidikan di bidang pertanian dan peternakan, dapat kuliah di Politeknik Pembangunan Pertanian.

Tak hanya diapresiasi Kementan, upaya SMK 2 Slawi juga mendapat Pemerintah Provinsi Jateng. Belum lama ini Bappeda Jateng memberikan bantuan peralatan berupa mesin tetas telur sisten conveyor modern full otomatis. Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Bappeda Jateng, Agung Koenmarjono.

Diharapkan dengan mendapa bantuan peralatan tersebut, SMK yang berada di Jalan A Yani, akan menjadi business technology center (BTC) budidaya ternak unggas Provinsi Jateng yang ada di Kabupaten Tegal.

BERITA LAINNYA