Take a fresh look at your lifestyle.

SMK 1 Randudongkal Menuju Boarding School

302

PEMALANG – SMK 1 Randudongkal pada tahun 2020 ini bersiap diri membuka kelas boarding scholl (asrama). Kepala Sekolah Susilohadi menjelaskan kebijakan tersebut adalah peunjuk dari Gubernur Jawa Tengah yang akan mengadakan 15 boarding school di Jawa Tengah.

“Tahun ajaran baru 2020-2021 akan kami mulai program boarding shool dan sebagai tahap awal akan merekrut 30 siswa yang memenuhi persyaratan,”kata Susilohadi, kemarin.

Boarding School sendiri di Jawa Tengah hanya diadakan di kabupaten/kota yang berstatus merah atau daerah miskin. Karena itu peserta boarding schoolini juga diseleksio dari siswa baru yang masuk kategori miskin.

Boarding school adalah sistempembelajaran di mana sekolah menyediakan asrama bagi siswanya untuk menginap. Sementara dalam program Pemprov Jateng ini selain menyediakan asrama siswa boarding school juga mendapatkan makan tiga kali sehari dan snak.

Adapun dalam pembelajaran mereka membaur bersama siswa reguler lainnya dan menerima pelajaranyang sama. Siswa boarding school juga bisa memilih program keahlian di SMK 1 Randudongkal pad saat mendaftar.

Di SMK 1 Randudongkal ada beberapa program keahlian antara lain program studi teknik permesinan, kendaraan ringan dan otomotif, bisnis sepeda motor, komputer jaringan, agribisnis dan pengolahan hasil pertanian dan akuntansi lembaga.

Untuk mendukung kegiatan belajar sekolah terus melengkapi infrastrukturnya. Pada tahun 2019 ini menurut Kepala Sekolah dibangun dua buah ruang bru dengan anggaran sebesar mencapai Rp 1,9 miliar.”Gedung tersebut untuk bengkel praktik siswa dan sudah dilengkapi dengan peralatannya,”ujar Susiloahdi.

Kemudian pada tahun 2020 ini sekolah berencana menambah enam unit ruang baru. Empat dianyaranya adalah bantuan dari pemerintah sedangkan lainnya dari masyarakat.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA