Take a fresh look at your lifestyle.

Siswa SMPN 2 Brebes Juara LKTI Cagar Budaya 2021

117

BREBES, smpantura.com – Aliyyah A Rahmah, siswi SMPN 2 Brebes berhasil memenangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Cagar Budaya tingkat SMP / MTs Kabupaten Brebes tahun 2021. Siswa ini keluar sebagai juara pertama dengan karya tulisnya yang bertajuk Kaligua Aplikasi Berbasis Teknologi Smartphone. 

LKTI ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, di kompleks wisata Joglo Mangrove Kaliwlingi Brebes. Untuk juara dua dan tiga diraih masing- masing Shendy Clarissa Imanda siswa SMP Pesantren Al Hikmah 1 Benda Sirampog dan Nur Zaeni Ismail siswa MTs Negeri 1 Brebes.

Sementara juara 1 LKTI Cagar Budaya tingkat SMA, MA dan SMK diraih Orchid Rorosito dari SMA N Tanjung yang mengkaji Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Losari. Juara kedua diraih Khairina Rahmania PP dari SMAN 1 Kersana, serta juara 3 diraih Didah Alvaliah dari SMA N 1Salem. Para juara tersebut masing-masing pemenang mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 12,6 juta. Selain juara 1,2 dan 3 Panitia memberi kan hadiah Harapan 1 hingga Harapan 3.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, Wijanarto menuturkan, lomba ini digelar sebagai wadah apresiasi generasi pelajar khususnya tingkat SMP dan MTs, serta menumbuhkan dunia literasi khususnya di bidang cagar Budaya dan kesejarahan. Melalui ajang tersebut diharapkan tumbuh minat kesadaran pada pelestarian cagar budaya serta kesejarahan. “Kami berharap, dengan kegiatan ini akan menumbuhkan minat dan kesadaran generasi muda pada pelestarian cagar budaya serta kesejarahan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia LKTI Cagar Budaya Tahun 2021, Umar Basah mengatakan, ada sebanyak 35 peserta untum tingkat SMP/MTs dan 18 peserta tingkat SMA/MA dan SMK. Dari jumlah peserta itu, kemudian dipilih 10 besar. “Kami mengambil 10 besar utk ditetapkan sebagai finalis” tuturnya yang juga Kasi Kesejarahan, Cagar Budaya dan Permuseuman, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA