Take a fresh look at your lifestyle.

Siswa SD Diajak Peduli Lingkungan

- Aksi Pungut Sampah di Taman Kota

148

BREBES – Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Brebes 14, rame-rame melakukan aksi pungut sampah di taman kota, Saditan Baru Brebes, kemarin. Itu dilakukan pihak sekolah sebagai upaya menanamkan edukasi peduli lingkungan sejak dini.

Wali Kelas V SD Negeri Brebes 14 Wargiyanto mengatakan, lingkungan menjadi salah satu tempat seseorang untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Lingkungan yang bersih tentu akan membuat seseorang lebih nyaman, salah satunya pada lingkungan sekolah dan sekitarnya. “Jadi kalau lingkungannya bersih, melaksanakan berbagai aktivitas juga enak. Coba kalau kotor, kita tentu pasti males mau melakukan apapun,” ujarnya

Agar lingkungan di sekitar sekolaha tetap terjaga kebersihannya, kata dia, pihaknya mengajak siswa untuk menyempatkan waktu melakukan aksi bersih-bersih di taman kota, yang tidak jauh dari sekolahnya. “Kegiatan ini diikuti puluhan siswa kelas V. Kebetulan anak-anak kami ajak bersih-bersih sambil berolahraga. Jadi selain menjaga kesehatan tubuh, kita juga tetap menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain menjaga kebersihan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta serta kepedulian siswa dalam menjaga lingkungan dan kekompakan para siswa. “Sehingga, kami harapkan akan tumbuh rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan sedini mungkin,” sambungnya.

Varel, salah seorang siswa mengaku, senang bisa ikut kegiatan tersebut. Selain olahraga, ia bersama teman-teman juga bisa bersih-bersih sampah. “Seneng, soalnya bareng-bareng bersama teman-teman. Olahraga sekalian bersih-bersih,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA