Take a fresh look at your lifestyle.

Sinema Pantura Gelar Film Masuk Desa

187

SLAWI – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 74, Sinema Pantura bersama Karang Taruna Desa Kalisoka mengadakan acara Film Masuk Desa. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Layar Sinema Pantura yang digelar di halaman Masjid Kesepuhan Ki Ageng Anggawana, Desa Kalisoka, Kabupaten Tegal, Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 19.00.

Menurut panitia, Wicaksono Wisnu Legowo didampingi Jaka Romadon, acara dibuka dengan penampilan akustik oleh Zani, anggota Karang Taruna Tunas Muda Desa Kalisoka yang mampu membius penonton yang didominasi oleh anak-anak. Kemudian dilanjutkan oleh pemutaran film-film pendek karya Wong Tegal, yaitu film Pulau Kodok yang diproduksi oleh Sinema Pantura dan disutradarai oleh Jaka Romadon yang yang lahir dan besar di Desa Kalisoka, Kabupaten Tegal.

Jaka Romadon mengatakan, film Pulau Kodok terinspirasi dari kehidupan nyata di desa-desa dan ingatan-ingatan masa kecilnya di Kalisoka. Lokasi suting film Pulau Kodok ada di beberapa tempat di antaranya Desa Sindang, Desa Dukuhwaru, Madrasah Al Maktubiyyah Desa Kalisoka dan di Pulau Kodok kota Tegal.

Film terakhir yang diputar adalah film Undar, produksi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Sinema Pantura. Film Undar yang disutradai oleh Wicaksono Wisnu Legowo ini bercerita tentang kehidupan orang-orang yang menemukan fosil Purbakala di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal. Film Undar dibuat guna memperkenalkan desa Semedo kepada masyarakat luas, sehingga diharapkan desa Semedo akan lebih dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Tegal. “Demi meningkatkan rasa persaudaraan dan kesatuan, kegiatan Film Masuk Desa ini dilangsungkan. Warga desa Kalisoka butuh hiburan alternatif yang inspiratif,” ujar Ketua Karang Taruna Tunas Muda Desa Kalisoka, Abdurohman Wahid.

Dia menambahkan, kejadian sehari-haripun bisa diangkat menjadi sebuah film yang sangat apik dan menggembirakan untuk ditonton bersama-sama, tanpa menghilangkan pesan-pesan yang postif. Semoga, kedepannya kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif hiburan rutin bagi masyarakat desa Kalisoka. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan bisa melecut semangat pemuda-pemudi desa Kalisoka, dan bisa menginspirasi masyarakat desa Kalisoka untuk lebih kreatif. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA