Take a fresh look at your lifestyle.

Sidak, Dewan Temukan Tambang Galian C Tak Berizin

164

PEMALANG – Komisi B DPRD melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Desa

Payung, Kecamatan Bodeh, belum lama ini. Sasaran dalam Sidak tersebut adalah tambang-tanbang galian C.

Ketua Komisi B Fahmi Hakim mengutarakan kunjungan tersebut Komisi B menjumpai adanya tambang yang perizinannya belum terkonfirmasi dengan jelas oleh pemerintah desa dan ada juga yang sama sekali belum berizin. Karena itu Komisi B meminta agar persoalan tersebut ditangani serius.

“Komisi B meminta kepada Perintah Kabupaten (Pemkab) untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam upaya menindak tegas kepada para penambang yang tidak berizin dan Pemkab pula kami minta untuk menutup galian C-nya (yang tidak berizin) sampai upaya pemenuhan izin didapatkan oleh penambang,”kata Fahmi.

Menurut dia usaha galian C di Kabupaten Pemalalang cukup banyak. Mereka ada yang berizin, ada yang izinnya habis bahkan banyak juga yang tidak berizin. Komisi B untuk tahap awal mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke Desa Payung dan menemukan empat lokasi galian C.

Lokasi pertama merupakan tambang galian C manual dikerjakan secara manual juga, lokasi kedua bekas galian tanah yang selesai ditambang tapi belum direklamasi. Untuk dua lokasi tersebut Pemerintah Desa Payung belum bisa menjelaskan perizinannya.

Kemudian dua lokasi di areal Kali Comal satu sudah berizin dan satu lagi belum berizin namun beroperasional. “Komisi B merasa ada pembiaran dari Pemerintah Daerah karena minim pengawasan,”ujar Fahmi.

Komisi B lanjutnya berharap Pemkab mendata lokasi yang memiliki potensi tambang dan didalamnya beroperasional tambang yang bisa merusak lingkungan. Selain itu perhatian Komisi B juga atas kerusakan jalan akibat lalu lalang kendaraan pengangkut hasil galian.

“Sementara ini kerusakan jalan yang terjadi menjadi tanggungan Pemkab padahal kerusakan tersebut diakibatkan oleh kelebihan muatan dari kendaraan pengangkut hasil tambang,”jelasnya.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA