Take a fresh look at your lifestyle.

Siap Berangkat ke Natuna, Tapi Nelayan Tegal Minta Disubsidi Solar

203

TEGAL –  Melaut ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Perairan Natuna merupakan hal baru bagi sejumlah nelayan di wilayah Kota Tegal. Namun demikian, mereka bertekat untuk ikut menjaga kedaulatan NKRI sebagai mata dan telinga pemerintah. Nelayan berharap keberangkatan ke Natura bisa difasilitasi pemerintah dengan adanya bantuan subsidi bahan bakar kapal berupa solar.

“Saya siap berangkat ke Natuna. Tapi, saya berharap bantuan subsidi solar,” kata  salah satu pemilik kapal, Ade (30) saat ditemui di Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal, kemarin.

Ade memiliki dua unit kapal berukuran di atas 100 GT yang bisa diberangkatkan ke Natuna. Untuk mencapai ZEE tersebut, dirinya mengaku membutuhkan bahan bakar solar sekurang-kurangnya 80 ton. Untuk itu, pihaknya berharap kepada pemerintah untuk bisa memberikan bantuan solar bersubsidi. Terlebih, pemerintah berharap hasil tangkapan nelayan dijual seluruhnya di Natuna.

“Jangan sampai kita berangkat jauh-jau malah tidak mendapat apa-apa. Jika bahan bakar disubsidi mungkin sedikit mengurangi beban biaya kita para nelayan,” pintanya.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, H Riswanto menuturkan, antusias nelayan menjadi sumber informan pemerintah sangatlah tinggi, namun pihak HNSI menyayangkan jumlah kapal yang dialokasikan hanya sedikit. Padahal, para nelayan bisa menjadi mata dan telinga, terkait dengan kedaulatan Perairan Natuna.

“Orang yang pertama melihat adalah nelayan. Di belakang itu, kita kan bisa memberikan informasi ke petugas yang mengawal, sehingga bisa dilakukan tindakan tegas,” jelasnya.(Wiwit/red03)

BERITA LAINNYA