Take a fresh look at your lifestyle.

Setahun, 5.000 Izin Usaha Dikeluarkan Pemkab Brebes

681

BREBES – Pemkab Brebes selama tahun 2020 lalu, tercatat telah mengeluarkan sebanyak 5.000 izin usaha yang diajukan masyarakat maupun pengusaha. Izin usaha yang telah disetui itu diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro kecil hingga besar. Bahkan, jumlah izin usaha yang telah dikeluarkan Pemkab Brebes melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes itu, mengalami peningkatan dibanding dibanding tahun sebelumnya.

“Selama tahun 2020 lalu, kami telah mengeluarkan 5.000 izin usaha dari permohonan yang masuk ke kantor kami ini. Jumlah ini termasuk izin usaha bagi usaha kecil menengah hingga besar,” kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Brebes, Ratim, Senin (15/3).

Dia mengatakan, dari jumlah izin usaha yang telah dikeluarkan itu, jika dibanding tahun sebelumnya mengalami peningkatan cukup segnifikan. Di tahun 2019, total izin usaha yang telah disetujui dan dikeluarkan dinasnya sekitar 4.500. Namun di tahun 2020, bertambah menjadi 5.000 izin usaha. Ribuan izin usaha yang telah dikeluarkan tersebut mayoritas bagi pelaku usaha mikro kecil atau yang bisa disebut UMKM. Sedangkan untuk pengusaha besar, atau perizinan pabrik jumlahnya kurang dari 5 persen dari total izin usaha yang telah dikeluarkan. “Paling banyak memang izin usaha bagi pelaku UMKM. Ini menandakan kesadaran para pelaku usaha di Brebes untuk memiliki izin yang sah dari Pemkab Brebes mengalami peningkatan. Kalau untuk pengusaha besar, jumlahnya kurang dari 5 persen,” terangnya.

Menurut dia, Ada beberapa faktor yang mendorong para pelaku usaha mengajukan permohonan izin usaha tersebut. Selain karena tingkat kesadaran masyarakat, khusus di tahun 2020 lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan bantuan sosial bagi pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan sosial itu adalah pelaku UMKM harus mempunyai izin usaha. Sehingga, mereka beramai-ramai mengajukan permohonan izin ke dinasnya. “Adanya program bantuan sosial Covid-19 bagi pelaku UMKM ini memang kami rasa ikut menjadi salah satu faktor meningkatnya pengajuan izin usaha ini,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA