Take a fresh look at your lifestyle.

Sempat Tertunda, Pelaksanaan Tahapan Pilkada Mulai Dilanjutkan

120

KAJEN-Sempat mengalami penundaan akibat adanya pendemi covid19, kini pelaksanaan tahapan Pilkada tahun 2020 mulai dilanjutkan. Demikian disampaikan Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Pekalongan Achyar Budi Pranoto.

Ia mengatakan, hal tersebut mengacu pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020 dan Keputusan KPU RI No.258/PL.02-Kpt/01/KPU/VI/2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan tahun 2020.

“Untuk penetapan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan tahun 2020, penetapan hari pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada Rabu, 9 Desember 2020,” katanya.

Dijelaskannya, pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan lanjutan tahun 2020 akan memulai tahapan yang tertunda meliputi pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara, verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan dan masa kerja petugas pemutakhiran data pemilih dan pemutakhiran serta penyusunan daftar pemilih.

“Bagi penyelenggara dari PPK, PPS, Sekretariat PPK dan PPS semuannya wajib membuat surat pernyataan sehat dari Covid-19, dimana semuanya tidak ada riwayat Covid-19,” tuturnya.

Dengan adanya hal ini, KPU Kabupaten Pekalongan mengaktifkan 19 PPK, 285 PPS di Kabupaten Pekalongan per hari ini Senin 15 Juni 2020 kondisi New Normal saat ini. Membentuk Sekretariat PPS se Kabupaten Pekalongan di 285 desa atau kelurahan.

“Untuk anggaran tambahan sendiri sudah dipenuhi oleh pemerintah daerah melalui APBD, sementara APD (Alat Pelindung Diri) untuk penyelenggara diserahkan dengan biaya APBN. KPU Kabupaten Pekalongan juga komitmen tetap menjaga keamanan, kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan dalam masa pandemi ini, serta melakukan koordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Pekalongan,” tandasnya. (Siti Masithoh/red11)

 

BERITA LAINNYA