Take a fresh look at your lifestyle.

Sembilan Pelanggaran Jadi Sasaran Penindakan Operasi Patuh Candi

112

SLAWI- Polres Tegal melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2019 di halaman Mapolres Tegal, Kamis (29/8) pagi.Apel  dipimpin  Kapolres Tegal,  AKBP Dwi Agus Prianto.

Membacakan amanat Kapolda Jateng, Kapolres menyampaikan, perkembangan transportasi  telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman atau cukup menggunakan handphone.

“Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi  tersebut,”tutur Dwi Agus Prianto.

Untuk itu, polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut promoter yakni profesional, modern, terpercaya.

Pada apel tersebut, Kapolres menyampaikan, Polri telah menetapkan kalender operasi patuh, yang rutin  dilaksanakan setiap tahun.

Operasi Patuh Tahun 2019 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 29 Agustus sampai dengan tanggal 11 September 2019 secara serentak di seluruh indonesia.

Adapun prioritas penindakan dan pelanggaran Operasi Patuh Tahun 2019, kata Dwi Agus, diantaranya, pengendara sepeda motor yang tidak  menggunakan helm standar, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus.

Sasaran lainnya yakni pengemudi  mabuk pada saat mengemudikan kendaraan bermotor (ranmor), pengendara ranmor yang masih di bawah umur, menggunakan handphone pada saat mengemudikan ranmor, dan ranmor yang menggunakan lampu strobo/rotator/sirine.

“Dengan prioritas penindakan dan pelanggaran Operasi Patuh Tahun 2019 tersebut,diharapkan dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap,”ungkapnya.

Sementara Kasat Lantas, AKP Muhammad Adiel Aristo menambahkan, selain delapan jenis pelanggaran, pihaknya juga akan menindak pelanggaran TNKB/pelat nomor .

Dalam apel tersebut, Kapolres Tegal menyematkan pita kepada perwakilan peserta Operasi Patuh Candi 2019. Adapun apel diikuti pasukan dari Polres Tegal, Subdenpom IV/13 Tegal, Dinas Perhubungan dan Satpol PP . (Sari/Red 6)

BERITA LAINNYA