Take a fresh look at your lifestyle.

Seluruh RS di Bumiayu Diminta Siapkan Ruang Isolasi

169

BUMIAYU– Seluruh rumah sakit di Kecamatan Bumiayu, Brebes, diminta menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan Covid-19.

Hal ini menjadi salah satu hasil Rakor Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Covid-19 di Ruang Rapat Kantor BLUD Puskesmas Bumiayu, Jumat (20/3).”Kami meminta agar RSUD Bumiayu dan rumah sakit swasta lainnya menyiapkan ruang isolasi. Ini sebagai bentuk kesiapsiagaan kita,” kata Kepala BLUD Puskemas Bumiayu dr Ali Budiarto.

Menurut Ali, ruang isolasi diperlukan karena tren peningkatan kasus Covid-19 yang meningkat. Pada sisi yang lain, rumah sakit rujukan sudah tidak lagi mampu menampung pasien.”Rumah sakit rujukan terdekat dari kita (Bumiayu) yaitu RSUD Margono di Purwokerto dan RSUD Kardinah Tegal sudah penuh. Dengan penyiapan ruang isolasi ini, kita sudah siap sewaktu-waktu dibutuhkan secara darurat,” paparnya.

Rakor kesiapsiagaan dan Penanggulangan Covid-19 dihadiri oleh forum pimpinan kecamatan, kepala RSUD Bumiayu dan perwakilan RS swasta, kepala desa dan kepala instansi/UPT se Bumiayu. Rakor ini bertujuan menyamakan visi dan misi seluruh elemen dalam pencegahan virus corona. Diantaranya memberikan edukasi hidup sehat kepada masyarakat dan melakukan pemantauan terhadap warga yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau daerah daerah yang terpapar Covid-19.”Sampai hari Jumat (20/3) ini, untuk wilayah Bumiayu baru dalam pengawasan. Belum ada yang positif,” ujarnya.

Kepala RSUD Bumiayu dr Zunan Arif Budi Santoso menambahkan, penanggulangan Covid-19 kini dilakukan per-daerah. Pemkab Brebes menyiapkan anggaran lebih kurang Rp 8,3 miliar untuk kegiatan tersebut.”Anggaran sebesar itu termasuk pemenuhan kebutuhan APD,” ujarnya.

Lebih lanjut, RSUD Bumiayu sudah menyiapkan dua ruang isolasi untuk pasien dengan gejala Covid-19. RS swasta di Bumiayu diharapkan melakukan hal sama.”Untuk jaga-jaga karena kita tahu bahwa sekarang RS rujukan tingkat I, RS Lini 1 dan Lini 2 sudah penuh,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA