Take a fresh look at your lifestyle.

Seluruh Potensi Siap Dikerahkan Dukung Kegiatan TMMD di Kalinusu

64

BREBES – Seluruh potensi yang dimiliki di wilayah Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, siap dikerahkan untuk mendukung semua kegiatan dalam program TMMD reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang dilaksanakan di Desa Kalinusu selama 30 hari, mulai 22 September mendatang. Potensi yang akan dikerahkan tidak hanya dukungan tenaga dari warga desa, tetapi petugas pertanian, Satpol PP dan unsur lainnya juga akan dikerahkan dalam kegiatan tersebut.

“Kami akan kerahkan semua potensi yang ada di kecamatan, mulai dari warga, petugas pertanian, Satpol PP hingga unsur lainnya, untuk ikut mensukseskan TMMD reguler di Desa Kalinusu ini. Bahkan, dalam pra kegiatan TMMD seluruh potensi yang kami miliki juga sudah diterjunkan,” ungkap Camat Bumiayu, Eko Purwanto, Kamis (17/9).

Dia mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi digelarnya pembangunan lintas sektoral melalui program TMMD reguler tersebut. Secara otomatis, pihaknya juga mempunyai tanggung jawab untuk ikut terlibat dan mensukseskan kegiatan TMMD ini. Pengerahan seluruh potensi itu nantinya disesuaikan dengan kemampuannya. Misalnya, bagi petugas pertanian akan dikerahkan untuk mendukung kegiatan non fisik berupa penyuluhan pertanian. “Saya sendiri nanti juga ingin ikut menjadi narasumber di kegiatan non fisik TMMD, berupa sosialisasi. Termasuk, ikut kerja di sasaran fisik guna memacu semangat jajaran,” ujarnya.

Menurut dia, upaya kegiatan TMMD reguler yang sedang membuka akses jalan menuju Dukuh Kedung Kandri sepanjang 1,6 kilometer sangat luar biasa. Apalagi, keberadaan jalan itu akan membuka daerah yang selama ini terisolir. Warga yang selama ini harus menyeberangi Sungai Pemali untuk menuju Kantor Balai Desa, akan tertangani dengan dibangunnya jalan tersebut. “Dibangunnya jalan ini, warga kami di Dukuh Kedung Kandri akan mempunyai harapan baru untuk lebih sejahtera. Jalan ini akan menjadi poros utama usaha pertanian, pendidikan, dan menjangkau fasilitas kesehatan terdekat tanpa menyeberang sungai dengan rakit,” tuturnya.

Sementara sejumlah Warga di Desa Kalinusu menyatakan siap untuk turun bergotong royong membantu kegiatan fisik di TTMD reguler. Bahkan, ratusan warga sudah mulai membantu dalam pembangunan jalan baru untuk menembus ke Dukuh Kedung Kandri. “Kami tentu saja akan meluangkan waktu untuk gotong royong membantu TNI yang sedang membuka dari pedukuhan kami menuju Dukuh Kedung Kandri yang selama ini terisolir,” kata Dahlan (68), warga Dukuh Karanganyar, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada ratusan warga di desanya yang siap membantu kegiatan TMMD tersebut. Bahkan, pihak desa saat ini juga telah melakukan pembagian waktu kerja bakti. Nantinya ada dua sif, yaitu pagi dan siang. Pembagian waktu itu dimaksudkan agar warga dapat maksimal berkerja bakti. Selain membantu TNI, warga yang mayoritas petani juga tetap harus ke sawah agar dapur tetap mengepul. “Yang jelas, warga di sini sudah siap semua membantu sesuai kemampuannya. Apalagi, adanya TMMD ini akan membuka jalan bagi daerah yang terisolir. Anak-anak nantinya akan lebih mudah berangkat ke sekolah. Kami para petani juga mudah memasarkan hasil panen,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

BERITA LAINNYA