Take a fresh look at your lifestyle.

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Akan Diikuti 12.899 Peserta

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Akan Diikuti 12.899 Peserta

167

SLAWI- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 akan dilaksanakan pada Februari 2020 . Rencananya SKD dilaksanakan di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Kepala Badan Kepegawaian , Pendidikan dan Pelatihan (BKD) Kabupaten Tegal, Retno Suprobowati menyampaikan, pelaksanaan SKD di Udinus Semarang rencananya mulai tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 15 Februari 2020. Ada enam kabupaten/kota yang melaksanakan SKD di Udinus. Yakni Kabupaten Tegal, Brebes, Wonosobo, Batang, Kota Pekalongan dan Kota Tegal.

“Untuk Pemerintah Kabupaten Tegal, SKD akan dilaksanakan tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 6 Februari 2020,” terang Retno Suprobowati, Kamis (16/1).

Retno menuturkan, hasil verifikasi (setelah masa sanggah) , jumlah pendaftar CPNS di Kabupaten Tegal sebanyak  14.734 pendaftar. Adapun jumlah pendaftar yang memenuhi syarat 12.899 orang dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.835 orang.

Seperti diketahui, Kabupaten Tegal menyediakan 499 formasi yang terdiri atas 308 formasi tenaga guru, 116 formasi tenaga teknis dan 75 formasi tenaga kesehatan.

Adapun,jadwal pelaksanan SKD  akan diumumkan melalui website Pemkab Tegal dan BKD Kabupaten Tegal , yakni www.tegalkab.go.id dan bkd.tegalkab.go.id.

Retno yang pagi itu didampingi Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Sistem Informasi BKD Kabupaten Tegal , Trianto Budiatmoko , mengatakan, materi SKB meliputi tes karakteristik pribadi , tes intelegensi umum dan tes wawasan kebangsaan. Untuk lulus SKD peserta harus memenuhi passing grade. Passing grade untuk setiap formasi berbeda.

Meski nilai SKD dapt langsung diketahui oleh peserta saat ujian SKD,  secara resmi hasilnya akan diumumkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pada 22-23 Maret 2020. Selanjutnya, peserta yang lolos SKD akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bakat (SKB) yang juga dilaksanakan di Udinus Semarang, mulai 25 Maret hingga 10 April 2020.

“Peserta yang ikut SKD tidak semuanya ikut SKB. Peserta SKB maksimal tiga kali dari jumlah formasi yang disediakan. Apabila yang dibutuhkan satu formasi maka peserta yang ikut SKB maksimal tiga orang ,”imbuhnya.

Trianto menambahkan, untuk formasi guru, pelamar yang telah memiliki sertifikat pendidik tidak perlu mengikuti SKB. Sebab, pemegang sertifikat pendidik akan langsung mendapat nilai sempurna 100 untuk SKB.

Hasil ujian SKD dan SKB akan diumumkan pada 1 Mei 2020. Selanjutnya pengusulan Nomor Induk Pegawai CPNS mulai 1 Mei sampai dengan 15 Juni 2020.

Dari sejumlah formasi yang disediakan , formasi dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) tidak ada yang melamar. (Sari/Red-06)

 

 

BERITA LAINNYA