Take a fresh look at your lifestyle.

Selama Ramadan Vaksinasi di Brebes Tetap Jalan, Bisa Dikemas Lewat Bukber

62

BREBES, smpantura.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes akan tetap melaksanakan program vaksinasi selama Ramadan nanti. Bahkan, Dinkes telah mengemas beberapa alternatif vaksinasi saat puasa, salah satunya melalui acara buka bersama (bukber).

“Selama Ramadan, kami akan tetap melaksanakan program vaksinasi Covid-19, ini kan program pemerintah yang harus tetap dilaksanakan. Namun kami akan menyesuaikan waktu atau polanya agar tidak mengganggu orang yang tengah menjalankan ibadah puasa,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Brebes, dr Sartono, Selasa (6/4).

Dia mengungkapkan, sistem atau mekanisme pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan, nantinya diserahkan ke masing-masing puskesmas. Ada beberapa puskesmas yang mengemas dengan acara buka bersama. Nantinya sekitar pukul 16.00 kegiatan diawali proses skrining awal. Kemudian, setelah berbuka puasa baru dilaksanakan vaksinasi. Namun ada juga puskesmas yang tetap melakukan vaksinasi pada pagi hari, sehingga tidak mengganggu orang yang berpuasa. Itu karena pagi hari fisiknya masih bagus.

“Secara medis, vaksin diberikan pada saat orang berpuasa tidak masalah. Sesuai MUI juga boleh dan tidak membatalkan puasa. Namun kami tetap mempertimbangkan kondisi peserta di saat perut kosong,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Sesuai jadwal, sasaran vaksinasi pada bulan puasa nanti adalah vaksin dosis kedua bagi lansia dan para kader kesehatan. Khusus lansia, sasarannya ada 8.000 orang. Sedangkan kader kesehatan jumlahnya mencapai 20.000 orang. “Nanti pas puasa, sesuai jadwal vaksinasi bagi lansia dosis kedua dan para kades,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA