Take a fresh look at your lifestyle.

Sekolah Libur, Rawan Pencurian

* Polres Tegal Kota Tingkatkan Patroli

158

TEGAL – Saat sekolah libur, dan pelajar belajar di rumah, dinilai rawan terjadinya tindak pencurian di sekolah, saat dini hari. Khususnya sekolah yang memiliki laboratorium komputer, dan hanya dijaga penjaga sekolah maupun satpam yang jumlahnya terbatas.

Sejumlah kejadian pencurian di sekolah, yang pernah terjadi beberapa tahun sebelumnya, laboratorium komputer dibobol kawanan penjahat. Kejadian rata-rata berlangsung dini hari, saat situasinya sepi.

”Saat konsentrasi keamanan banyak tertuju pada pencegahan penularan Virus Corona atau Covid 19, masalah kriminalitas lainnya juga perlu diwaspadai bersama. Khususnya berkait gedung sekolah yang kurang penjagaan keamanannya,” terang pengajar Magister Hukum dan S1 Fakultas Hukum UPS Tegal, Dr Eddhie Praptono SH MH.

Menurut dia, kejadian kasus pencurian perangkat komputer di laboratorium komputer milik sekolah di Kota Tegal, memang sudah berlangsung cukup lama. Tapi kriminalitas terjadi saat ada peluang dan kesempatan. Yakni, saat penjagaan keamanan sekolah terbatas dan situasinya sepi.

Karena itulah, dia menyarankan, jangan memberi peluang atau kesempatan terjadinya tindak kejahatan. Persempit ruang gerak pelaku kriminalitas, dengan koordinasi penjagaan yang baik. Untuk koordinasi keamanannya, baik oleh pihak sekolah maupun aparat keamanan seperti kepolisian.

Meningkatkan Patroli

Menurut dia, Polres Tegal Kota perlu meningkatkan patroli keamanan, dengan cara menyambangi sekolah-sekolah yang memiliki laboratorium komputer. Bila ada patroli polisi, maka Satpam yang sempat tertidur atau mengantuk menjadi terjaga. Keamanan sekolah dapat terus terpantau. Ruang gerak pelaku kriminal juga kian sempit.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi mengatakan, sudah menjadi kegiatan tetap jajarannya untuk selalu menggelar patroli di jam-jam, maupun lokasi rawan tindak kriminal. Meski demikian, lanjut dia, sekolah perlu membuat jadwal piket guru dan penjaga.

Kerjasama yang baik, seperti koordinasi dengan Polsek dan Kodim serta Satpam di lingkungan sekeliling sangat diperlukan. Di sisi lain, untuk Polri seperti Polres Tegal Kota, patroli rutin merupakan kegiatan yang selalu dilakukan. ”Tidak ada perubahan jadwal giat, meskipun saat ini banyak sekolah maupun instansi yang diliburkan,” terang dia.

Tugas sehari-hari personel polri, menurut dia, antara lain, selalu mewaspadai berbagai tindak kriminal yang rawan terjadi. Karena itulah patroli keamanan menggunakan mobil patroli selalu dilakukan baik pagi, siang, malam sampai dini hari.

Meski begitu, karena keterbatasan jumlah personel yang ada, terkadang tak semua personel yang berpatroli menjangkau seluruh sekolah yang ada di Kota Tegal.

”Karena itulah, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan personel polisi atau pos polisi terdekat sangat diperlukan, dalam rangka menjaga keamanan bersama,” tandas Kapolres Tegal Kota.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA