Take a fresh look at your lifestyle.

Sekolah Diliburkan Dua Pekan, ASN Tetap Bekerja di Kantor

Warga Diimbau Tidak Panik

141

SLAWI- Meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Korona di Jawa Tengah , Pemerintah Kabupaten Tegal akan meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dari tingkat TK sampai dengan SMA.

Libur sekolah dimulai 17 Maret hingga 31 Maret 2020. Siswa libur akan masuk kembali pada 1 April 2020 atau ada pemberitahuan lain. Sementara bagi siswa yang melaksanakan Ujian Nasional tetap masuk sesuai jadwal ujian.

Demikian disampaikan Bupati  Tegal Umi Azizah, usai rapat koordinasi terbatas antisipasi penularan infeksi virus Korona dan dukungan kesiapan sumber daya untuk pencegahan dan pengendalianya di Kabupaten Tegal di Ruang Rapat Lantai 2 Setda Kabupaten Tegal,Minggu (15/3) siang. Hadir dalam rapat tersebut seluruh kepala OPD.

“Besok pagi (Senin, 16/3) anak-anak masih masuk, diberi penjelasan oleh para guru. Sore ini Dinas Dikbud juga rapat mengundang seluruh elemen di Dinas Dikbud, agar selama anak-anak diliburkan di dalam kontrol para guru , juga perhatian dari orangtua. Bisa belajar secara mandiri. Jadi meskipun tidak belajar di sekolah, proses belajar tetap berlangsung,”jelas Umi Azizah.

Selama libur, orangtu diminta untuk tidak mengizinkan anak-anak untuk berpergian, berwisata atau melakukan aktivitas lain yang tidak mendukung upaya pencegahan penularan virus Corona ini.

Selain meliburkan kegiatan belajar di sekolah selama dua pekan, Pemkab Tegal menunda seluruh pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang sifatnya mengumpulkan massa atau menimbulkan kerumunan orang selama lima belas hari ke depan dan meminta penyelenggara non pemerintah serta masyarakat untuk melakukan langkah serupa.

Untuk ASN, kata Umi, masih bekerja di kantor ,akan tetapi ditekankan selalu cuci tangan sebelum masuk kantor dan  selalu menjaga kondisi kesehatannya.

“Pastikan dalam keadaan fit. Bagi ASN yang  batuk,pilek,  dan kurang sehat lebih baik berada di rumah,”tuturnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan mencegah penularan virus Covid-19 di Kabupaten Tegal,Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Forkopimda dan elemen terkait akan membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Penularan Infeksi Penyakit Virus Korona di Kabupaten Tegal.

Selanjutnya, diiimbau kepada masyarakat bila ada keluarga, saudara atau tetangganya yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Anak Buah Kapal (ABK) ataupun mereka yang baru datang dari bepergian di luar negeri agar diminta segera melaporkan ke Puskesmas terdekat untuk didata dan dilakukan pemeriksaan.

Umi menyebutkan, untuk biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah. Termasuk jika ada warga yang baru datang dari wilayah atau daerah lain yang penduduknya ada yang positif terjangkiti virus Korona ini.

“Kami sudah meminta Kabag Organisasi membuat surat edaran kepada kepala desa. Kades agar memantau dinamika warga di desanya,”sebutnya.

Apabila warga mengalami gejala sakit seperti indikasi yang ditemukan pada penderita terinfeksi virus Korona ,  dapat menghubungi call center di 119 atau telepon ke nomor 08112626119 atau 0283 6190119.

Pada konferensi pers dengan awak media , Umi meminta masyarakat tetap tenang, karena pencegahan penyebaran virus ini sangat dipengaruhi oleh kepatuhan dalam menjaga kesehatan, menjalankan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi dan rutin berolah raga.

Selain itu, menghindari kerumunan massa, membiasakan mencuci tangan sebelum dan setelah makan ataupun setelah bepergian serta menghindari kontak langsung dengan orang lain seperti saat bersalaman.

“Ganti dengan salam lain yang tidak melibatkan sentuhan fisik namun tetap santun. Dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan agar kita diberikan kekuatan dan keselamatan,”tegasnya.

Terkait persediaan bahan pangan, Umi mengimbau warga tidak perlu panik. Ia memastikan kebutuhan sembilan bahan pokok tersedia . Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM secara berkelanjutan melakukan pemantaun ketersiaan sembilan bahan pokok dan harga di pasaran. (Sari/Red-06)

 

 

BERITA LAINNYA