Take a fresh look at your lifestyle.

Sekda Tegaskan ASN di Pemkab Brebes Dilarang Mudik

109

BREBES, smpantura.com – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Brebes dilarang mudik Lebaran. Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan-RB). 

“Sesuai SE MenPAN-RB, kami tidak mengizinkan (PNS) mudik pada 6-17 Mei mendatang,” tegasnya saat ditemui di ruangannya, Kamis (8/4).

Dia menjelaskan, SE MenPAN-RB itu secara jelas berisi larangan bagi ASN dan keluarganya untuk bepergian ke luar daerah dan atau mudik. Di mana, sistem larangan mudik yang akan diterapkan di Pemkab Brebes, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran yang nantinya akan dibagikan ke sejumlah instansi yang ada di Kabupaten Brebes.

“Selain itu, kita akan lakukan pengawasan secara berjenjang. Artinya, setiap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggung jawab dalam pengawasan bawahannya. Sementara, para kepala OPD akan diawasi kami,” jelasnya.

Bagi ASN yang melanggar atau nekat mudik, kata Djoko, akan dikenai sanksi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN. Namun demikian, pihaknya optimistis ASN di Pemkab Brebes akan mematuhi larangan mudik ini. Dari pengalaman tahun lalu, ASN di Pemkab Brebes juga bisa patuh. Di sisi lain, jumlah ASN di Brebes yang berasal dari luar kota sangat sedikit.

“Jumlah PNS di lingkungan Pemkab Brebes yang berasal dari luar daerah ini tidak banyak. Kalau pun ada larangan mudik saya yakin mereka mematuhi,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA